Yurdani, Imi and Sasongko, Rambat Nur and Sahono, Bambang (2014) INOVASI PENGELOLAAN PEMBELAJARAN MELALUI LESSON STUDY BERBASIS SEKOLAH (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF DI SMP NEGERI 10 BENGKULU SELATAN). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
I,II,III,2-13-imi.FI.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB) | Preview
IV,V,LAMP,2-13-imi.FI.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB) | Preview
Abstract
Permasalahan umum penelitian ini adalah “ Bagaimanakah ino v asi pengelolaan pembelajaran melalui Lesson Study berbasis sekolah di SMP Negeri 10 Bengkulu Selatan?” ; Secara khusus, perumusan m asalah y ang akan diteliti adalah sebagai berikut: (1) bagaimanakah inovasi dalam perencanaan pembelajaran melalui Lesson Study
berbasis sekolah?, (2) bagaimanakah inovasi dalam pelaksanaan pembelajaran melalui Lesson Study berbasis sekolah, (3) bagaimanakah inovasi dalam evaluasi pembelajaran melalui Lesson Study berbasis sekolah?, (4) bagaimanakah inovasi dalam kepengawasan pembelajaran melalui Lesson Study berbasis sekolah?, (5) bagaimanakah dampak inovasi pengelolaan pembelajaran melalui Lesson Study berbasis sekolah?, (6) apakah permasalahan yang ditemukan dalam inovasi pengelolaan pembelajaran melalui Lesson Study berbasis sekolah?, dan (7) bagaimanakah solusi untuk mengatasi permasalahan yang ditemukan dalam inovasi pengelolaan pembelajaran melalui Lesson Study berbasis
sekolah?. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendeskripsikan inovasi apa saja yang telah dilakukan dalam pengelolaan pembelajaran melalui Lesson Study berbasis
sekolah di SMP Negeri 10 Bengkulu Selatan. Adapun tujuan khusus penelitian ini yaitu: (1) untuk mendeskripsikan inovasi dalam perencanaan pembelajaran melalui Lesson
Study berbasis sekolah, (2) untuk mendeskripsikan inovasi dalam pelaksanaan pembelajaran melalui Lesson Study berbasis sekolah, (3) untuk mendeskripsikan inovasi
dalam evaluasi pembelajaran melalui Lesson Study berbasis sekolah, (4) untuk mendeskripsikan inovasi dalam kepengawasan pembelajaran melalui Lesson Study berbasis sekolah, (5) untuk mendeskripsikan dampak inovasi pengelolaan pembelajaran melalui Lesson Study berbasis sekolah, (6) untuk mendeskripsikan permasalahan yang
ditemukan dalam inovasi pengelolaan pembelajaran melalui Lesson Study berbasis sekolah, dan (7) untuk merumuskan solusi dalam mengatasi permasalahan yang ditemukan dalam inovasi pengelolaan pembelajaran melalui Lesson Study berbasis sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan alasan penelitian ini dilaksanakan untuk membangun
pengetahuan melalui pemahaman dan penemuan. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan guru-guru yang terlibat langsung dalam kegiatan
Lesson Study berbasis sekolah. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Aktivitas dalam analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan pembelajaran melalui Lesson Study berbasis sekolah dirancang secara kolaboratif oleh guru-guru mata pelajaran yang serumpun sehingga menghasilkan perencanaan pembelajaran yang inovatif dan berkualitas, (2) melalui kegiatan Lesson Study berbasis sekolah para guru dapat menyajikan pembelajaran dengan menggunakan metode dan media
pembelajaran yang bervariasi, (3) evaluasi pembelajaran dilaksanakan pada setiap open lesson dengan metode evaluasi yang bervariasi, (4) inovasi dalam kepengawasan dilakukan dengan cara memeriksa kualitas perangkat pembelajaran tim yang akan open lesson dan ikut aktif dalam setiap tahapan Lesson Study, (5) dampak inovasi pengelolaan
pembelajaran melalui Lesson Study berbasis sekolah yaitu; para guru terbiasa berkolaborasi dalam mengelola pembelajaran, para guru bisa belajar melalui pembelajaran sendiri melalui respon siswa dan tanggapan para kolega, (6) permasalahan yang ditemukan dalam inovasi pengelolaan pembelajaran melalui Lesson Study berbasis sekolah yaitu jadwal open lesson masih dilaksanakan sesuai dengan jadwal mengajar guru model, masih ada guru yang belum mau open lesson, dana yang dianggarkan masih terbatas. (7) solusi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut yaitu; penetapan jadwal khusus untuk pelaksanaan Lesson Study, selalu memotivasi guru yang belum mau open lesson, mencari tambahan sumber dana yang relevan untuk kegiatan Lesson Study.Simpulan umum dalam penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi pengelolaan pembelajaran melalui Lesson Study berbasis sekolah di SMP Negeri 10 Bengkulu Selatan
sudah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan dan norma yang berlaku di sekolah. Saran penelitian sebagai berikut: pertama, tim pengembang hendaknya membuat inovasi perencanaan pengelolaan pembelajaran melalui Lesson Study berbasis sekolah yang memang benar-benar sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai melalui kegiatan Lesson Study berbasis sekolah ini yaitu salah satunya untuk mengadakan perbaikan praktik pembelajaran di kelas. Kedua, inovasi dalam pelaksanaan pembelajaran melalui Lesson Study berbasis sekolah sebaiknya dilaksanakan dengan jadwal khusus sehingga tidak mengganggu tugas guru sebagaimana
biasanya. Ketiga, hasil evaluasi terhadap pembelajaran melalui Lesson Study berbasis sekolah hendaknya juga dianalisa bersama-sama rekan satu tim agar segera dapat ditindaklanjuti. Dan untuk kesuksesan pelaksanaan ini hendaknya pihak sekolah bekerjasama dengan para pakar atau
perguruan tinggi sebagai narasumber atau koordinator. Keempat, dalam melakukan kepengawasan terhadap pengelolaan pembelajaran melalui Lesson Study berbasis sekolah ini hendaknya melibatkan para pakar pendidikan agar kepengawasan tersebut bisa dilaksanakan dengan cara
yang bervariasi atau inovatif. Kelima, untuk mencapai keberhasilan dalam menginovasi pengelolaan pembelajaran melalui Lesson Study berbasis sekolah ini, pihak sekolah hendaknya mengadakan pelatihan atau workshop tentang Lesson Study secara rutin setiap tahun agar semua warga sekolah lebih memahami hakekat dari pelaksanaan Lesson Study itu sendiri, dan kegiatan Lesson Study berbasis sekolah ini pun akan membawa dampak yang bagus terhadap guru dan pembelajarannya. Keenam, untuk menghindari permasalahan dalam melaksanakan kegiatan Lesson Study berbasis sekolah ini hendaknya pihak sekolah atau tim
pengembang berpedoman pada buku panduan dan bekerjasama dengan para pakar pendidikan. Ketujuh, dalam menyelesaikan permasalahan yang ditemukan dalam inovasi pengelolaan pembelajaran melalui Lesson Study berbasis sekolah ini hendaknya menggunakan sikap yang bijak dan dimusyawarahkan bersama-sama warga sekolah.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Postgraduate Program > Master of Educational Administration |
| Depositing User: | 022 Gofar Ismail |
| Date Deposited: | 09 Sep 2014 15:26 |
| Last Modified: | 09 Sep 2014 15:26 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/8408 |

