MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI PERMAINAN BALOK KELOMPOK A PAUD QURATUL UYUN PASAR MANNA BENGKULU SELATAN

Amelia , Sela and Suratman, Asep and Yulidesni, Yulidesni (2014) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI PERMAINAN BALOK KELOMPOK A PAUD QURATUL UYUN PASAR MANNA BENGKULU SELATAN. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-sel-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (49MB) | Preview
[thumbnail of Thesis]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-sel-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (49MB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian tindakan kelas ini adalah: Apakah melalui permaian balok dapat meningkatkan kemampuan kognitif pada anak kelompok A PAUD Quratul Uyun Pasar Manna Bengkulu Selatan. Adapun tujuan penelitian tindakan kelas ini yaitu: untuk mengetahui kemampuan kognitif anak kelompok A PAUD Quratul Uyun Pasar Manna Bengkulu Selatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan 2 siklus dan setiap siklus dua kali pertemuan, dimana masing-masing siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok A yang berjumlah 12 orang, terdiri atas 5 orang anak laki-laki dan 7 orang anak perempuan. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah teknik persentase. Pada siklus l keberhasilan menunjukkan terdapat 7 orang (58,33%) dari 12 anak sudah bisa mengurutkan balok dari yang besar ke kecil, 8 orang (66,67%) dari 12 anak sudah bisa mengelompokkan balok sesuai dengan bentuk dan 7 orang (58,33%) dari 12 anak sudah bisa menyusun balok sesuai dengan gambar. Pada siklus ll keberhasilan menunjukkan terdapat 10 orang (83,33%) dari 12 anak sudah bisa mengurutkan balok dari yang besar ke kecil, 11 orang (91,67%) dari 12 anak sudah bisa mengelompokkan balok sesuai dengan bentuk dan 11 orang (91,67%) dari 12 anak sudah bisa menyusun balok sesuai dengan gambar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui permainan balok dapat meningkatkan kognitif anak kelompok A PAUD Quratul Uyun Pasar Manna Bengkulu Selatan. Disarankan kepada guru bahwa permainan balok dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2014 09:43
Last Modified: 16 Sep 2014 09:43
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/8510

Actions (login required)

View Item
View Item
Link slot terpercaya situs slot gacor hari ini Situs Slot Gacor Dan Link Slot Maxwin slot gacor Situs Slot Thailand Lewat Link Slot Gacor situs slot gacor yang resmi dan terpercaya Situs Slot Gacor Malam Ini Dengan Slot Maxwin Situs Slot Gacor Slot777 Terpercaya Hari Ini