STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KREATIF PRODUKTIF DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS IV SDN 20 KOTA BENGKULU

Ningsih, Dita Ayusta and V. Karjiati, V. Karjiati and Yuliantini, Nani (2014) STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KREATIF PRODUKTIF DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS IV SDN 20 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-dit.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (528kB) | Preview
[thumbnail of Thesis]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-dit.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar Matematika menggunakan model Pembelajaran Kreatif Produktif dan model PBL dikelas IV SDN 20 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian
eksperimen dengan menggunakan desain Matching Pretest and Posttest Comparison Group Design . Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 20 Kota Bengkulu. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik Simple
Random Sampling , diperoleh kelas IVA berjumlah 39 orang siswa sebagai kelas uji coba instrument, kelas IVC berjumlah 39 orang siswa sebagai kelas eksperimen I menggunakan model pembelajaran Kreatif Produktif dan kelas IVB berjumlah 38 orang siswa sebagai kelas eksperimen II menggunkan model Problem Based Learning (PBL). Selanjutnya dilakukan analisis data uji normalitas, homogenitas, dan dilanjutkan dengan ujian hipotesis yang dilakukan dengan rumus uji t dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil uji hipotesis pada peningkatan hasil belajar siswa diperoleh t hitung -0,57 < ttabel 2,00 artinya tidak terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Kreatif Produktif dan model PBL. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar menggunakan model pembelajaran Kreatif Produktif dengan model PBL pada mata pelajaran
Matematika.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 07 Oct 2014 14:27
Last Modified: 07 Oct 2014 14:27
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/8796

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200