HUBUNGAN KETERAMPILAN MEMBUKA DAN MENUTUP PEMBELAJARAN DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 45 KOTA BENGKULU

Yulianis, Nurma and Yuliantini, Nani and Tarmizi, Pebrian (2014) HUBUNGAN KETERAMPILAN MEMBUKA DAN MENUTUP PEMBELAJARAN DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 45 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-nur.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Thesis]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-nur.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara keterampilan guru membuka dan menutup pembelajaran dengan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 45 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini yaitu penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 45 Kota Bengkulu, dengan sempel berjumlah 56 siswa yang didapat dari teknik total sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket tertutup dengan alat ukurnya mengacu pada skala Likert. Data yang diperoleh dari kedua angket tersebut diolah dengan menggunakan teknik korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan guru membuka dan menutup pembelajaran (variable X) dengan motivasi belajar siswa (variable Y) kelas V SD Negeri 45 Kota Bengkulu, dengan rhitung 0,474 > rtabel 0,263 pada taraf signifikan 0,05. Koefisien Determinan (kontribusi) variable X terhadap variabel Y sebesar 22,46% dan tingkat hubungan tergolong cukup kuat. Dari hasil peneitian tersebut disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan guru membuka dan menutup pembelajaran dengan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 45 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 09 Oct 2014 10:44
Last Modified: 09 Oct 2014 10:44
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/8850

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200