PENGARUH MANAJEMEN LABA DAN CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KECURANGAN LAPORAN KEUANGAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2015)

Salim, Hayyuroza Sofyan and Marietza, Fenny (2017) PENGARUH MANAJEMEN LABA DAN CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KECURANGAN LAPORAN KEUANGAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2015). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only until 28 September 2017.
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh manajemen laba dan corporate governance terhadap kecurangan laporan keuangan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Berdasarkan metode purposive sampling diperoleh 67 perusahaan sebagai sampel penelitian dari tahun 2008-2015. Jumlah observasi adalah 500 pengamatan. Alat analisis yang digunakan adalah regresi logistik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen laba yang diukur oleh discretionary accrual dan unexpected revenue per employee membuktikan bahwa adanya pengaruh terhadap kecurangan laporan keuangan. kepemilikikan manajerial, kepemilikan institusional, dewan komisaris, komisaris independen, komite audit independen tidak berpengaruh terhadap kecurangan laporan keuangan. Kata Kunci: Kecurangan Pelaporan Keuangan, Manajemen Laba, dan Corporate Governance.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 01 Nov 2017 07:13
Last Modified: 01 Nov 2017 07:13
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/11823

Actions (login required)

View Item View Item