KOMUNIKASI PENGURANGAN RESIKO BENCANA BERBASIS KELUARGA (Studi Komunikasi Keluarga Tanggap Bencana di Daerah Rawan Gempa Provinsi Bengkulu)

Adhrianti, Lisa and Alfarabi, Alfarabi (2020) KOMUNIKASI PENGURANGAN RESIKO BENCANA BERBASIS KELUARGA (Studi Komunikasi Keluarga Tanggap Bencana di Daerah Rawan Gempa Provinsi Bengkulu). In: Adaptasi dan Mitigasi Bencana. Unpad Press, Bandung, pp. 71-78. ISBN 978-602-439-752-4

[img]
Preview
Text (Adaptasi dan Mitigasi Bencana)
Book Chapter Adaptasi dan Mitigasi Bencana 71-78.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB) | Preview

Abstract

Peran ilmu komunikasi dalam berkontribusi untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang pengurangan resiko bencana semakin penting bagi proses adaptasi dan mitigasi (kesiapsiagaan) terhadap bencana, terlebih bagi daerah rawan gempa seperti Provinsi Bengkulu. Selama ini peran adaptasi dan mitigasi terhadap bencana banyak difokuskan pada elemen pemerintah daerah yang ditujukan kepada masyarakat umum secara luas, padahal unsur terkecil masyarakat yang paling dekat dan rentan terhadap bencana di tingkat pertama adalah keluarga. Keluarga menjadi kelompok sosial pertama yang dipandang mampu untuk menjalankan komunikasi efektif dalam berbagai hal, sehingga keluarga yang berkumpul dalam berbagai hunian di daerah rawan bencana lebih memerlukan pendidikan dan pendampingan untuk tanggap bencana.

Item Type: Book Section
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu
Date Deposited: 06 Apr 2023 07:01
Last Modified: 06 Apr 2023 07:01
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/11823

Actions (login required)

View Item View Item