PELAKSANAAN KOMPETENSI GURU PENDAMPING MUDA DI TEMPAT PENITIPAN ANAK (TPA) (Studi Deskriptif Kuantitatif di Kecamatan Selebar Kota Bengkulu)

Ningrum, Yesi Rahma (2020) PELAKSANAAN KOMPETENSI GURU PENDAMPING MUDA DI TEMPAT PENITIPAN ANAK (TPA) (Studi Deskriptif Kuantitatif di Kecamatan Selebar Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI PDF YESI RAHMA NINGRUM.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan kompetensi guru pendamping muda di tempat penitipan anak (TPA) di Kecamatan Selebar Kota Bengkulu.Kompetensi guru pendamping muda meliputi aspek memahami dasar- dasar pengasuhan, aspek terampil melaksanakan pengasuhan, dan aspek bersikap dan berprilaku sesuai dengan kebutuhan psikologis anak.metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Subjek pada penelitian ini adalah 8 orang guru pendamping muda.Teknik analisis data menggunakan statistik dengan rumus persentase.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan kompetensi guru pendamping muda ditempat penitipan anak di Kecamatan Selebar Kota Bengkulu berada pada kategori baik.Secara khusus, aspek memahami dasar-dasar pengasuhan berada pada kategori baik, aspek terampil melaksanakan pengasuhan berada pada kategori sangat baik, dan aspek bersikap dan berprilaku sesuai dengan kebutuhan psikologis anak berada pada kategori baik.Berdasarkan penelitian tersebut disarankan guru pendamping muda untuk memperbanyak pengetahuan tentang dasar-dasar pengasuhan. Kata Kunci: Kompetensi, Guru Pendamping Muda, Tempat Penitipan Anak

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 05 May 2023 03:29
Last Modified: 05 May 2023 03:29
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/11944

Actions (login required)

View Item View Item