PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 17 KOTA BENGKULU Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research)

Putri, Heni Dwi and Syafdi, Maizora and Nur, Aliyyah Irsal (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 17 KOTA BENGKULU Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
A1C016050_HENI DWI PUTRI_SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika dan aktivitas peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII C SMP Negeri 17 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2019/2020 berjumlah 29 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dan hasil belajar peserta didik. Aktivitas belajar peserta didik ditingkatkan dengan cara: (1) Menggunakan alat peraga, (2) Melibatkan peserta didik untuk mengamati dan mengumpulkan data, (3) Memberikan soal sesuai kemampuan peserta didik, (4) Memberikan dan menanyakan kesulitan yang dihadapi peserta didik, (5) Mengacak soal dan memanggil peserta didik secara acak untuk presentasi di depan kelas. Peningkatan aktivitas belajar peserta didik dapat dilihat dari skor rata-rata aktivitas peserta didik dari siklus I sampai siklus II, yaitu: 24,87 (kriteria cukup aktif) dan 27,12 (kriteria cukup aktif). Hasil belajar peserta didik dapat ditingkatkan dengan cara: (1) Menyampaikan tujuan pembelajaran, (2) Melibatkan peserta didik untuk menyimpulkan hasil pembelajaran, (3) Menggunakan alat peraga pada kegiatan berpikir bersama. Peningkatan hasil belajar peserta didik dari siklus I sampai siklus II, yaitu: 57,27 meningkat menjadi 62,17 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal dari siklus I sampai siklus II, yaitu: 37,93% meningkat menjadi 64,28%. Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Hasil Belajar Peserta Didik, Model Pembelajaran Kooperatif, Numbered Head Together

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 20 Jun 2023 08:26
Last Modified: 20 Jun 2023 08:26
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12254

Actions (login required)

View Item View Item