Putri, Heni Dwi and Syafdi, Maizora and Nur, Aliyyah Irsal (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 17 KOTA BENGKULU Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![A1C016050_HENI DWI PUTRI_SKRIPSI.pdf [thumbnail of A1C016050_HENI DWI PUTRI_SKRIPSI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
A1C016050_HENI DWI PUTRI_SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (12MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika dan aktivitas
peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered
Head Together. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek
penelitian yaitu siswa kelas VIII C SMP Negeri 17 Kota Bengkulu semester genap
tahun ajaran 2019/2020 berjumlah 29 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan
dengan menggunakan lembar observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa penerapan tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan aktivitas
belajar peserta didik dan hasil belajar peserta didik. Aktivitas belajar peserta didik
ditingkatkan dengan cara: (1) Menggunakan alat peraga, (2) Melibatkan peserta
didik untuk mengamati dan mengumpulkan data, (3) Memberikan soal sesuai
kemampuan peserta didik, (4) Memberikan dan menanyakan kesulitan yang
dihadapi peserta didik, (5) Mengacak soal dan memanggil peserta didik secara acak
untuk presentasi di depan kelas. Peningkatan aktivitas belajar peserta didik dapat
dilihat dari skor rata-rata aktivitas peserta didik dari siklus I sampai siklus II,
yaitu: 24,87 (kriteria cukup aktif) dan 27,12 (kriteria cukup aktif). Hasil belajar
peserta didik dapat ditingkatkan dengan cara: (1) Menyampaikan tujuan
pembelajaran, (2) Melibatkan peserta didik untuk menyimpulkan hasil
pembelajaran, (3) Menggunakan alat peraga pada kegiatan berpikir bersama.
Peningkatan hasil belajar peserta didik dari siklus I sampai siklus II, yaitu: 57,27
meningkat menjadi 62,17 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal dari siklus
I sampai siklus II, yaitu: 37,93% meningkat menjadi 64,28%.
Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Hasil Belajar Peserta Didik, Model
Pembelajaran Kooperatif, Numbered Head Together
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 20 Jun 2023 08:26 |
Last Modified: | 20 Jun 2023 08:26 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12254 |