STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL PELATIH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI ATLET PENCAK SILAT DI PERGURUAN PERSINAGA STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL PELATIH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI ATLET PENCAK SILAT DI PERGURUAN PERSINAGA STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL PELATIH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI ATLET PENCAK SILAT DI PERGURUAN PERSINAGA

SATRIANTO, ALDY and Marwan, Azwar and Yuliati, Yuliati (2017) STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL PELATIH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI ATLET PENCAK SILAT DI PERGURUAN PERSINAGA STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL PELATIH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI ATLET PENCAK SILAT DI PERGURUAN PERSINAGA STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL PELATIH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI ATLET PENCAK SILAT DI PERGURUAN PERSINAGA. Undergraduated thesis, UNIVERSITAS BENGKULU.

[img] Archive (TESIS)
skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (22MB)

Abstract

Komunikasi merupakan bagian integral kehidupan manusia, apapun statusnya di masyarakat, oleh karena itu komunikasi sangat dibutuhkan oleh manusia untuk saling berhubungan satu sama lain sebagai salah satu pemenuhan kebutuhan hidup. Komunikasi biasa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan nonformal maupun formal. Komunikasi di lingkungan non-formal biasanya mengalir begitu saja tanpa perencanaan atau strategi. Lain halnya dengan komunikasi di lingkungan formal seperti di perguruan PERSINAGA Bengkulu yang harus memiliki strategi komunikasi atau strategi penyampaian sehingga tujuan dapat tercapai dengan baik. PERSINAGA (Persaudaraan Warna Raga Indonesia) merupakan salah satu perguruan pencak silat di Provinsi Bengkulu yang menggunakan strategi komunikasi interpersonal antara pelatih dan atlet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi interpersonal yang digunakan pelatih dalam meningkatkan motivasi berprestasi atlet Pencak Silat di perguran PERSINAGA Bengkulu dengan analisis Teori Harold Lasswell dan Teori S-O-R. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yaitu penelitian untuk menjelaskan secara mendalam strategi komunikasi interpersonal yang digunakan pelatih dalam meningkatkan motivasi berprestasi atlet Pencak Silat di perguruan PERSINAGA Bengkulu. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan data utama yang diperoleh melalui wawancara mendalam dengan para informan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi antar pelatih dan atlet menggunakan komunikasi visual, auditori dan juga kontak tubuh. Visual melalui indra penglihatan dengan memberikan contoh gerakan. Auditori melalui indra pendengaran dengan memberikan bermacam intonasi suara perintah dalam latihan, sedangkan kontak tubuh dengan cara latih tanding.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: 022 Lili Haryanti
Date Deposited: 10 Oct 2017 02:55
Last Modified: 10 Oct 2017 02:55
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12335

Actions (login required)

View Item View Item