PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN DI KELAS XI IPA1 SMA NEGERI 3 BENGKULU SELATAN

Yuliana, Triana and Idrus, Irdam and Irawati, Sri (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN DI KELAS XI IPA1 SMA NEGERI 3 BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
THESIS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar peserta didik, dan hasil belajar kognitif dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri pada materi Sistem Pernapasan di kelas XI IPA1 SMA Negeri 3 Bengkulu Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan setiap siklusnya terdiri atas 4 tahapan yaitu: tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IPA1 SMA Negeri 3 Bengkulu Selatan tahun ajaran 2018/2019, yang terdiri dari 21 peserta didik. Variabel penelitian ini adalah model pembelajaran inkuiri , terikat aktivitas mengajar guru dan belajar peserta didik serta hasil belajar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes. Hasil penelitian dari analisa data observasi guru siklus I diperoleh skor rata-rata 24,5 (baik), siklus II menjadi 27 (baik). Hasil analisis data observasi peserta didik siklus I diperoleh skor rata-rata 23,5 (baik), siklus II menjadi 26,5 (baik). Kemudian hasil belajar ranah kognitif siklus I mendapatkan persentase 66,66%, siklus II menjadi 85,71%. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IPA1 SMA Negeri 3 Bengkulu Selatan Kata Kunci : Inkuiri, aktivitas, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Biology Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 06 Jul 2023 08:25
Last Modified: 06 Jul 2023 08:25
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12486

Actions (login required)

View Item View Item