KESESUAIAN TERMOMETER DIGITAL ARDUINO DENGAN TERMOMETER AIR RAKSA DALAM MENGUKUR SUHU TUBUH (STUDI MAHASISWA D3 KEPERAWATAN POLTEKES KEMENKES BENGKULU)

Pratama, Rian and Mayub, Afrizal and Dedy, Hamdani (2019) KESESUAIAN TERMOMETER DIGITAL ARDUINO DENGAN TERMOMETER AIR RAKSA DALAM MENGUKUR SUHU TUBUH (STUDI MAHASISWA D3 KEPERAWATAN POLTEKES KEMENKES BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
skripsi rian terbaru.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Status kesehatan seseorang dapat dilihat dari tanda-tanda vital, yaitu suhu tubuh, tekanan darah, denyut nadi, dan laju pernafasan. Evaluasi suhu tubuh merupakan salah satu metode diagnostik tertua yang dikenal dan masih merupakan tanda penting untuk kesehatan dan penyakit, baik untuk kehidupan sehari-hari maupun dalam bidang medis. Para tenaga medis harus menafsirkan tanda-tanda klinis dengan mengandalkan pemeriksaan secara objektif, salah satunya dengan pemeriksaan suhu tubuh menggunakan termometer. Adapun tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil ukur suhu tubuh dengan menggunakan termometer arduino, untuk mengetahui hasil ukur suhu tubuh dengan menggunakan termometer air raksa, dan untuk mengetahui kesesuaian hasil ukur suhu tubuh dengan menggunakan termometer arduino dan termometer air raksa. Jenis penelitian ini adalah penelitian cross sectional merupakan penelitian yang dilakukan pada satu waktu dan satu kali, tidak ada follow up, untuk mencari hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen. Hasil pelaksanaan penelitian dan pembahasan yang telah dikemukakan di bab sebelumnya, didapatkan kesimpulan bahwa: Hasil pengukuran suhu tubuh subjek dengan termometer air raksa didapat hasil rerata sebesar 35,890 C, hasil pengukuran suhu tubuh subjek dengan termometer digital didapat hasil rerata sebesar 35,960 C, serta terdapat kesesuaian pada katagori sedang antara termometer digital dengan termometer air raksa. Kata kunci: Termometer Arduino, dan Termometer Air Raksa

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Jul 2023 04:47
Last Modified: 10 Jul 2023 04:47
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12620

Actions (login required)

View Item View Item