“PENGEMBANGAN MODUL LARUTAN PENYANGGA BERBASIS PENDEKATAN TERPADU STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS)” (Research and Development)

Tripripa, Amelia and Amir, Hermansyah and Salastri, Rohiat (2019) “PENGEMBANGAN MODUL LARUTAN PENYANGGA BERBASIS PENDEKATAN TERPADU STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS)” (Research and Development). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI AMELIA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validasi, keefektifan dan dari modul larutan penyangga berbasis pendekatan terpadu STEM yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang diadaptasi dari model pengembangan Borg and Gall. Penelitian dilakukan pada bulan Januari - April 2019 di SMAN 09 Kota Bengkulu. Data penelitian diperoleh dari hasil wawancara, angket validasi, angket respon siswa dan uji pemahaman. Pemilihan kelas uji coba dilakukan melalui uji normalitas terhadap seluruh kelas XI MIPA dengan total subjek 111 siswa. Hasil uji coba diperoleh 2 kelas responden yaitu XI MIPA 1 untuk uji coba pemakaian dan XI MIPA 2 untuk uji coba produk dengan total responden 38 siswa. Hasil uji validasi diperoleh rata-rata penilaian ahli materi 4,3 dan ahli media 4,7 yang keduanya berada pada rentang nilai 4,2  V < 5 dengan klasifikasi sangat valid. Pada uji coba produk dan uji pemakaian diperoleh skor rata-rata respon siswa sebesar 4,3 dengan klasifikasi sangat menarik. Keefektifan modul dilihat dari uji pemahaman dengan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 86,21% mencapai KKM yang dikategorikan efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa, secara umum modul larutan penyanggaberbasis pendekatan STEM yang dikembangkan dapat digunakan dalam proses pembelajaran di kelas XI MIPA SMAN 09 Kota Bengkulu tahun ajaran 2018/2019. Kata Kunci : Penelitian Pengembangan, Modul Larutan Penyangga, STEM, Larutan Penyangga

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:45
Last Modified: 10 Jul 2023 08:45
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12632

Actions (login required)

View Item View Item