Tripripa, Amelia and Amir, Hermansyah and Salastri, Rohiat (2019) “PENGEMBANGAN MODUL LARUTAN PENYANGGA BERBASIS PENDEKATAN TERPADU STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS)” (Research and Development). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI AMELIA.pdf [thumbnail of SKRIPSI AMELIA.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI AMELIA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validasi, keefektifan dan dari modul
larutan penyangga berbasis pendekatan terpadu STEM yang dikembangkan.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang diadaptasi dari
model pengembangan Borg and Gall. Penelitian dilakukan pada bulan
Januari - April 2019 di SMAN 09 Kota Bengkulu. Data penelitian diperoleh
dari hasil wawancara, angket validasi, angket respon siswa dan uji
pemahaman. Pemilihan kelas uji coba dilakukan melalui uji normalitas
terhadap seluruh kelas XI MIPA dengan total subjek 111 siswa. Hasil uji coba
diperoleh 2 kelas responden yaitu XI MIPA 1 untuk uji coba pemakaian dan
XI MIPA 2 untuk uji coba produk dengan total responden 38 siswa. Hasil uji
validasi diperoleh rata-rata penilaian ahli materi 4,3 dan ahli media 4,7 yang
keduanya berada pada rentang nilai 4,2 V
< 5 dengan klasifikasi sangat
valid. Pada uji coba produk dan uji pemakaian diperoleh skor rata-rata
respon siswa sebesar 4,3 dengan klasifikasi sangat menarik. Keefektifan
modul dilihat dari uji pemahaman dengan persentase ketuntasan belajar
siswa sebesar 86,21% mencapai KKM yang dikategorikan efektif. Sehingga
dapat disimpulkan bahwa, secara umum modul larutan penyanggaberbasis
pendekatan STEM yang dikembangkan dapat digunakan dalam proses
pembelajaran di kelas XI MIPA SMAN 09 Kota Bengkulu tahun ajaran
2018/2019.
Kata Kunci : Penelitian Pengembangan, Modul Larutan Penyangga,
STEM, Larutan Penyangga
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Chemistry Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 08:45 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 08:45 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12632 |