Charolina, Helvita Frasselia and Maizora, Syafdi and Nurul, Astuty Yensy (2019) PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 7 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
SKRIPSI_HELVITA FRASSELIA CHAROLINA_A1C015010.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi siswa dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling dengan siswa kelas VIII H berjumlah 29 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII I yang terdiri dari 29 orang siswa sebagai kelas kontrol. Pelaksanaan penelitian dilakukan 6 kali pertemuan pembelajaran untuk masing-masing kelas sampel pada rentang waktu 5 Maret 2019 sampai dengan 15 April 2019. Analisis data dilakukan dengan uji-t, untuk hasil posttest kedua kelas sampel dengan taraf signifikan 0,05 didapat angka sig.(2-tailed) = 0,002 < 0,05 dan = 2,955 > = 2,005. Hal ini dapat dilihat dari persentase hasil setiap indikator, pada indikator menggeneralisasi dan mempertimbangkan hasil generalisasi kelas eksperimen mencapai 71,2% sedangkan kelas kontrol 61,76%. Pada indikator mengidentifikasi relevansi kelas eksperimen mencapai 64,11% sedangkan kelas kontrol 62,10%. Pada indikator merumuskan masalah ke dalam model matematika kelas eksperimen mencapai 78,47% sedangkan kelas kontrol 70,86%. Pada indikator mendeduksi menggunakan prinsip kelas eksperimen mencapai 76,56% sedangkan kelas kontrol 62,54%. Maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. Kata kunci : kemampuan berpikir kritis, model pembelajaran inkuiri terbimbing
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 03:17 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 03:17 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12695 |
Actions (login required)
View Item |