PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 7 KOTA BENGKULU

Charolina, Helvita Frasselia and Maizora, Syafdi and Nurul, Astuty Yensy (2019) PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 7 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI_HELVITA FRASSELIA CHAROLINA_A1C015010.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi siswa dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling dengan siswa kelas VIII H berjumlah 29 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII I yang terdiri dari 29 orang siswa sebagai kelas kontrol. Pelaksanaan penelitian dilakukan 6 kali pertemuan pembelajaran untuk masing-masing kelas sampel pada rentang waktu 5 Maret 2019 sampai dengan 15 April 2019. Analisis data dilakukan dengan uji-t, untuk hasil posttest kedua kelas sampel dengan taraf signifikan 0,05 didapat angka sig.(2-tailed) = 0,002 < 0,05 dan = 2,955 > = 2,005. Hal ini dapat dilihat dari persentase hasil setiap indikator, pada indikator menggeneralisasi dan mempertimbangkan hasil generalisasi kelas eksperimen mencapai 71,2% sedangkan kelas kontrol 61,76%. Pada indikator mengidentifikasi relevansi kelas eksperimen mencapai 64,11% sedangkan kelas kontrol 62,10%. Pada indikator merumuskan masalah ke dalam model matematika kelas eksperimen mencapai 78,47% sedangkan kelas kontrol 70,86%. Pada indikator mendeduksi menggunakan prinsip kelas eksperimen mencapai 76,56% sedangkan kelas kontrol 62,54%. Maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. Kata kunci : kemampuan berpikir kritis, model pembelajaran inkuiri terbimbing

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:17
Last Modified: 11 Jul 2023 03:17
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12695

Actions (login required)

View Item View Item