PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 06 KOTA BENGKULU

Anggreni, Winda and Hanifah, Hanifah and Syafdi, Maizora (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 06 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI_WINDA ANGGRENI_A1C015007.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) sehingga dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII B SMP Negeri 06 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi aktivitas dan tes hasil belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 06 Kota Bengkulu Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019 berjumlah 19 orang, terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus dari tanggal 22 Maret 2019 sampai 11 Mei 2019. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Aktivitas peserta didik ditingkatkan dengan cara membuat LKPD yang lebih menarik dan mengurangi materi dengan menyesuaikan waktu pembelajaran, mengarahkan peserta didik membaca dengan teliti langkah kegiatan pada LKPD, mengulas kembali dan memberikan penguatan terhadap hasil diskusi, memberikan teguran kepada peserta didik yang tidak mengikuti pembelajaran, menunjuk secara acak kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi kedepan kelas. Peningkatan aktivitas belajar matematika siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata observasi siswa siklus I, II, dan III secara berturut-turut yaitu 20,75, 25,5, 28 dengan kriteria secara berturut-turut yaitu cukup aktif, aktif, aktif. Sementara hasil belajar peserta didik dapat ditingkatkan dengan cara memberikan bimbingan terhadap langkah-langkah yang dilakukan pada LKPD, memberikan arahan untuk menyimpulkan materi yang dipelajari, memotivasi peserta didik untuk menumbuhkan minat belajar, memberikan soal-soal latihan. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siklus I, II , dan III secara berturut-turut 59,72, 74,72, 83,75 dengan ketuntasan belajar klasikal pada siklus I, II, dan III secara berturut�turut yaitu 36,84%, 63,16%, 78,95%. Kata kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Jul 2023 06:33
Last Modified: 11 Jul 2023 06:33
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12718

Actions (login required)

View Item View Item