PERBEDAAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DAN TANPA MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 10 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2016/2017

Gustini, Eka and Ariesta, Ria (2017) PERBEDAAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DAN TANPA MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 10 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (thesis)
Skripsi EKA GUSTINI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only until 18 October 2017.
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Tujuan Penelitian mengetahui Perbedaan Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Media Gambar dan Tanpa Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen menggunakan bentuk desain pre- eksperimental dengan menggunakan intact-group comparison. Data dalam penelitian ini adalah deskripsi hasil tes kemampuan menulis karangan deskripsi kelas eksperimental (menggunakan media) dan kelas kontrol (tanpa media). Penelitian ini dilakukan serentak oleh 64 siswa, yang dibagi menjadi 2 kelompok, 1 kelompok masuk dalam kelas eksperimen (menggunakan media gambar) dan 1 kelompok masuk dalam kelas kontrol (tanpa media). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Hasil penelitian dengan menggunakan rumus t-test terdapat perbedaan perhitungan dan temuan pada kemampuan menulis siswa menggunakan media gambar dan tanpa menggunakan media gambar, uji t-test diperoleh hasil t-hitung 0,8 lebih besar dari t-tabel 0,75. Nilai rata-rata untuk kelas eksperimen (menggunakan media gambar) yang diperoleh siswa sebesar 68,89, masuk dalam kategori cukup dan nilai rata-rata untuk kelas kontrol (tanpa media) yang diperoleh siswa sebesar 43,89, masuk dalam kategori cukup, sehingga terdapat rentangan senilai 28,08 pada hasil tes siswa. Kata kunci: Kemampuan Menulis, Karangan Deskripsi, Media Gambar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 18 Oct 2017 03:02
Last Modified: 18 Oct 2017 03:02
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12847

Actions (login required)

View Item View Item