PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MANIPULATIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDN 52 KOTA BENGKULU

Kurniawati, Ike and V. Karjiati, V. Karjiati and Dalifa, Dalifa (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MANIPULATIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDN 52 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
skripsi ike kurniawati A1G014043 (2).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media manipulatif terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas V SDN 52 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental dengan jenis desain The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Kota Bengkulu yang menggunakan KTSP. Sedangkan sampelnya siswa kelas V di SDN 52 Kota Bengkulu terdiri dari VA, VB, VC dan VD. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Dari pengacakkan didapatkan kelas VC berjumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VA berjumlah 29 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar kognitif berbentuk soal pilihan ganda yang diberikan melalui pretest dan posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial yaitu uji-t. Data hasil penelitian yang diolah menggunakan uji-t didapatkan nilai thitung sebesar 2,84 dan nilai t tabel sebesar 1,625. Secara statistik terlihat t hitung (2,84) > t tabel (1,625) pada taraf signifikan 5%, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media manipulatif terhadap hasil belajar siswa pada pembelajarna matemtika kelas V SDN 52 Kota Bengkulu. Kata kunci : Media Manipulatif, Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 17 Jul 2023 04:12
Last Modified: 17 Jul 2023 04:12
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13318

Actions (login required)

View Item View Item