PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 44 KOTA BENGKULU

Wati, Kurnia Primanjunta and Wurjinem, Wurjinem and Dwi, Anggraini (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 44 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI KURNIA PRIMANJUNTA WATI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 44 Kota Bengkulu, serta mendeskripsikan prosedur penerapannya. Jenis penelitian ini adalah mixed method. Dengan metode analisis data kuantitatif dan kualitatif, alat pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV berjumlah 56 orang siswa. Kelas IVB sebagai kelas eksperimen dan IVA sebagai kelas kontrol dengan teknik pengambilan sampel total. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis inferensial yaitu uji-t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai thitung sebesar 2,97 dan nilai ttabel sebesar 2,571 dengan taraf signifikan 5%. Hal ini menunjukan bahwa nilai thitung = 2,97 ˃ ttabel = 2,571 dan disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Prosedur penerapannya dilakukan dengan tahapan (1) thinking yaitu siswa diberi kesempatan untuk berpikir secara mandiri tentang permasalahan yang diberikan guru, mejadikan siswa lebih aktif, mampu mengungkapkan ide-idenya, (2) tahap pairing yaitu guru memfasilitasi siswa dalam melakukan kegiatan diskusi dan mencari informasi tentang jawaban permasalahan yang diberikan dengan berpasangan, (3) tahap sharing yaitu guru memfasilitasi siswa menyampaikan pendapatnya mengenai materi yang telah didiskusikan ke seluruh siswa di depan kelas. Kata Kunci: Model Kooperatif tipe TPS, Hasil Belajar IPS.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 17 Jul 2023 04:32
Last Modified: 17 Jul 2023 04:32
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13324

Actions (login required)

View Item View Item