Wati, Kurnia Primanjunta and Wurjinem, Wurjinem and Dwi, Anggraini (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 44 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI KURNIA PRIMANJUNTA WATI.pdf [thumbnail of SKRIPSI KURNIA PRIMANJUNTA WATI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI KURNIA PRIMANJUNTA WATI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan
model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap hasil belajar
siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 44 Kota
Bengkulu, serta mendeskripsikan prosedur penerapannya. Jenis
penelitian ini adalah mixed method. Dengan metode analisis data
kuantitatif dan kualitatif, alat pengumpulan data menggunakan tes
dan observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV
berjumlah 56 orang siswa. Kelas IVB sebagai kelas eksperimen dan
IVA sebagai kelas kontrol dengan teknik pengambilan sampel total. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis inferensial
yaitu uji-t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai thitung
sebesar 2,97 dan nilai ttabel sebesar 2,571 dengan taraf signifikan
5%. Hal ini menunjukan bahwa nilai thitung = 2,97 ˃ ttabel = 2,571
dan disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap hasil belajar siswa pada
mata pelajaran IPS. Prosedur penerapannya dilakukan dengan
tahapan (1) thinking yaitu siswa diberi kesempatan untuk berpikir
secara mandiri tentang permasalahan yang diberikan guru,
mejadikan siswa lebih aktif, mampu mengungkapkan ide-idenya,
(2) tahap pairing yaitu guru memfasilitasi siswa dalam melakukan
kegiatan diskusi dan mencari informasi tentang jawaban
permasalahan yang diberikan dengan berpasangan, (3) tahap
sharing yaitu guru memfasilitasi siswa menyampaikan pendapatnya
mengenai materi yang telah didiskusikan ke seluruh siswa di depan
kelas. Kata Kunci: Model Kooperatif tipe TPS, Hasil Belajar IPS.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 04:32 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 04:32 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13324 |