PENGARUH TAYANGAN ORANG PINGGIRAN TRANS 7 TERHADAP SIKAP SOSIAL MASYARAKAT (Studi Pada Masyrakat Komplek Perumdam II Sriwijaya Bengkulu)

Bramantyo, Arie (2016) PENGARUH TAYANGAN ORANG PINGGIRAN TRANS 7 TERHADAP SIKAP SOSIAL MASYARAKAT (Studi Pada Masyrakat Komplek Perumdam II Sriwijaya Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (thesis)
pdf skripsi full.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini, berjudul pengaruh tayangan orang pinggiran trans 7 terhadap sikap sosial masyarakat (studi pada masyarakat komplek perumdam II sriwijaya bengkulu). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tayangan orang pinggiran trans 7 terhadap sikap sosial masyarakat. Penelitian ini diperkuat oleh teori S-O-R. Variabel dalam penelitian ini adalah Tayangan Orang Pinggiran Trans 7 (X) dan Sikap Sosial Masyarakat (Y). Penelitian yang dilakukan ini mengunakan kuisioner dan studi kepustakaan sebagai teknik pengumpulan datanya, untuk kriteria dan pengukuran skorsingnya berdasarkan skala likert skor 1 – 5 . Sampel dalam penelitian ini adalah masyarakat komplek perumdam II sriwijaya mulai dari RT 1 sampai dengan RT 5, teknik penetapan sampelnya yaitu purposive random sampling, responden berjumlah 50 orang yang terdiri dari 30 laki-laki dan 20 perempuan dan metode penelitian ini adalah kuantitatif dianalisis mengunakan teknik analisis korelasi product moment (r) dan uji-t. Dalam penelitian ini digunakan beberapa komponen sebagai pedoman untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang di inginkan, komponen tersebut meliputi isi tayangan (X) dan sikap masyarakat (Y). Dari hasil penelitian dan analisis data ternyata hasil t tabel pada alfa 5% diperoleh nilai t tabel sebesar 1,6759, bila dibandingkan dengan t hitung sebesar 0,03 ternyata t hitung lebih kecil dari t tabel , untuk itu dapat disimpulkan bahwa t hitung lebih kecil dari t tabel pada alfa 5% maka hipotesis kerja (Hk) ditolak dan (HO) diterima. dari perhitungan koefisien determinasi diperoleh hasil 4,6225 %. Persentase besarnya pengaruh tayangan orang pinggiran trans 7 terhadap sikap sosial masyarakat sebesar 4,6225% dan 95,3775 % dipengaruhi oleh faktor lain. Seharusnya dalam prosses komunikasi, pesan yang di sampaikan melalui media massa (tv) yang di sampaikan harus mendapatkan efek yang baik pada komunikan. Karena efek yang baik bisa mempengaruhi atau tidak mempengaruhi polah sikap atau tingkah laku komunikan itu sendiri. Dapat di simpulkan bahwa tayangan Orang Pinggiran Trans 7 tidak berpengaruh terhadap sikap sosial masyarakat. Keyword : Pengaruh Tayangan, Media Televisi, Sikap Sosial Masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 01 Nov 2017 05:42
Last Modified: 01 Nov 2017 05:42
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13701

Actions (login required)

View Item View Item