PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU

Sinaga, Ayu Puspita and Yensy, Nurul Astuty and Maulidiya, Della (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Ayu Puspita Sinaga_A1C014005_Skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara penerapan model pembelajaran Quantum Learning berbantuan alat peraga pada pembelajaran matematika sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-H SMP Negeri 11 Kota Bengkulu tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa 31 orang yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa yang dilakukan dengan cara membentuk kelompok belajar, memberikan motivasi belajar, menggunaan alat peraga, mengarahkan siswa untuk terlibat dalam diskusi kelompok dan memberikan apresiasi berupa pujian dan tepuk tangan. Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat dilihat dari rata-rata skor kedua pengamat pada lembar observasi aktivitas belajar siswa siklus I, siklus II dan siklus III secara berturut-turut: 15,88 (kurang aktif), siklus II 27,50 (aktif) dan pada siklus III meningkat hingga 40,25 (sangat aktif). Hasil belajar siswa juga dapat ditingkatkan dengan cara melakukan apersepsi pada pertemuan sebelumnya, membimbing dalam menemukan konsep pembelajaran melalui LKPD berbasis quantum learning, menyalin materi pembelajaran dan memberikan soal latihan. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata tes hasil belajar siswa pada siklus I, siklus II dan siklus III 43,74, 68,29, 89,57 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal siklus I, siklus II dan siklus III adalah 12,90%, 45,16% dan 85,71%. Kata Kunci : Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Quantum Learning; Alat Peraga

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 24 Jul 2023 06:41
Last Modified: 24 Jul 2023 06:41
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13835

Actions (login required)

View Item View Item