PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 9 KOTA BENGKULU

Sagala, Cici Minarti and Maulidiya, Della and Rusdi, Rusdi (2018) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 9 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI_CICI MINARTI SAGALA_A1C014016.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menerapkan model discovery learning yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa di kelas VII SMP Negeri 9 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas VII A SMP Negeri 9 Kota Bengkulu tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas siswa, tes hasil belajar melalui LKS dan tes akhir tiap siklus. Aktivitas belajar siswa dapat ditingkatkan dengan cara membentuk kelompok belajar, memberikan motivasi dan teguran bagi siswa yang tidak memperhatikan pembelajaran, membimbing siswa pada tiap tahapan pengerjaan LKS, memberi kesempatan bagi siswa untuk berlatih menggunakan alat bantu penemuan, dan mempresentasikan hasil kerja kelompok. Hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dengan cara memberikan penjelasan secara tertulis pada uraian LKS dan lisan, memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang kurang dipahami, membimbing siswa menggunakan alat tulis dan alat peraga yang membantu siswa melakukan penemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model discovery learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Peningkatan rata-rata skor aktivitas siswa dari siklus I, II, dan III secara berturut-turut yaitu 20,13, 22,75, dan 28,63. Peningkatan rata-rata nilai akhir siswa dari siklus I, II, dan III secara berturut-turut yaitu 69,75, 78,78, dan 81,12 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal yaitu 38%, 71%, dan 88%. Kata kunci: Discovery Learning, Aktivitas Belajar Siswa, Hasil Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 24 Jul 2023 07:01
Last Modified: 24 Jul 2023 07:01
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13839

Actions (login required)

View Item View Item