PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 15 KOTA BENGKULU

Budiman, Rahmania and Rudsi, Rudsi and Effie, Efrida Muchlis (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 15 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI_RAHMANIA BUDIMAN_A1C014004.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui bagaimana penerapan model learning cycle 5E sehingga dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 15 Kota Bengkulu, (2) Mengetahui bagaimana penerapan model learning cycle 5E sehingga dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 15 Kota Bengkulu. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam tiga siklus dengan alur penelitian yaitu Perencanaan Tindakan, Pelaksanaan Tindakan, Observasi (Pengamatan), dan Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII F SMP Negeri 15 Kota Bengkulu tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 29 orang, dengan siswa laki-laki berjumlah 17 orang dan siswa perempuan berjumlah 12 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi siswa dan tes. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa model Learning Cycle 5E dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Aktivitas siswa pada siklus I berada pada kategori kurang dengan skor rata�rata 17,88. Pada siklus II beradapada kriteria cukup dengan skor rata-rata 25,63. Pada siklus III berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 32,75. Hasil belajar siswa pada siklus I ditunjukan dengan nilai rata-rata 65,3 dengan ketuntasan belajar klasikal 48,3%. Pada siklus II, nilai rata-rata siswa adalah 71,9 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 63,4%. Padasiklus III nilai rata-rata siswa adalah 79,7 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 82,7%. Kata kunci : Model Pembelajaran Learning cycle 5e, Aktivitas belajar, Hasil belajar matematika

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 25 Jul 2023 07:24
Last Modified: 25 Jul 2023 07:24
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13911

Actions (login required)

View Item View Item