Budiman, Rahmania and Rudsi, Rudsi and Effie, Efrida Muchlis (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 15 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI_RAHMANIA BUDIMAN_A1C014004.pdf [thumbnail of SKRIPSI_RAHMANIA BUDIMAN_A1C014004.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI_RAHMANIA BUDIMAN_A1C014004.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui bagaimana penerapan model
learning cycle 5E sehingga dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika
siswa kelas VIII SMPN 15 Kota Bengkulu, (2) Mengetahui bagaimana penerapan
model learning cycle 5E sehingga dapat meningkatkan hasil belajar matematika
siswa kelas VIII SMPN 15 Kota Bengkulu. Penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam tiga siklus dengan alur
penelitian yaitu Perencanaan Tindakan, Pelaksanaan Tindakan, Observasi
(Pengamatan), dan Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII F SMP
Negeri 15 Kota Bengkulu tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 29 orang,
dengan siswa laki-laki berjumlah 17 orang dan siswa perempuan berjumlah 12
orang. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi siswa dan tes.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa model
Learning Cycle 5E dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika
siswa. Aktivitas siswa pada siklus I berada pada kategori kurang dengan skor rata�rata 17,88. Pada siklus II beradapada kriteria cukup dengan skor rata-rata 25,63.
Pada siklus III berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 32,75. Hasil
belajar siswa pada siklus I ditunjukan dengan nilai rata-rata 65,3 dengan
ketuntasan belajar klasikal 48,3%. Pada siklus II, nilai rata-rata siswa adalah 71,9
dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 63,4%. Padasiklus III nilai rata-rata
siswa adalah 79,7 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 82,7%.
Kata kunci : Model Pembelajaran Learning cycle 5e, Aktivitas belajar, Hasil
belajar matematika
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 07:24 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 07:24 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13911 |