Sutrisno, Krisma Ayu and Swistoro, Eko and Rosane, Medriati (2018) PENGARUH MODEL PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN DAN HASIL BELAJAR FISIKA FLUIDA STATIS DI KELAS XI MAN 1 KEPAHIANG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Solving terhadap kemampuan penalaran dan hasil belajar fisika fluida statis di kelas XI MAN 1 Kepahiang. Penelitian dilakukan di MAN 1 Kepahiang, jenis penelitian adalah quasi eksperiment dan jenis disain yang digunakan adalah nonequivalent control design dengan dua kelas sampel yakni 1 kelas eksperimen dan 1 kelas kontrol. Pengukuran menggunakan pretest dan posttest. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik inferensial dan dilanjutkan dengan uji-t dua sampel independent. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa ada pengaruh model Problem Solving terhadap kemampuan penalaran di MAN 1 Kepahiang, yakni thitung 2,4 > ttabel 2,02, dan terdapat pengaruh signifikan model Problem Solving terhadap hasil belajar fisika di MAN 1 Kepahiang yang ditunjukkan dengan thitung 4,41 > ttabel 2,02. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model Problem Solving terhadap kemampuan penalaran dan hasil belajar fisika fluida statis di kelas XI MAN 1 Kepahiang. Kata Kunci : Problem Solving, Kemampuan Penalaran, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 28 Jul 2023 07:17 |
Last Modified: | 28 Jul 2023 07:17 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14041 |
Actions (login required)
View Item |