PENGARUH MODEL PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN DAN HASIL BELAJAR FISIKA FLUIDA STATIS DI KELAS XI MAN 1 KEPAHIANG

Sutrisno, Krisma Ayu and Swistoro, Eko and Rosane, Medriati (2018) PENGARUH MODEL PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN DAN HASIL BELAJAR FISIKA FLUIDA STATIS DI KELAS XI MAN 1 KEPAHIANG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Solving terhadap kemampuan penalaran dan hasil belajar fisika fluida statis di kelas XI MAN 1 Kepahiang. Penelitian dilakukan di MAN 1 Kepahiang, jenis penelitian adalah quasi eksperiment dan jenis disain yang digunakan adalah nonequivalent control design dengan dua kelas sampel yakni 1 kelas eksperimen dan 1 kelas kontrol. Pengukuran menggunakan pretest dan posttest. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik inferensial dan dilanjutkan dengan uji-t dua sampel independent. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa ada pengaruh model Problem Solving terhadap kemampuan penalaran di MAN 1 Kepahiang, yakni thitung 2,4 > ttabel 2,02, dan terdapat pengaruh signifikan model Problem Solving terhadap hasil belajar fisika di MAN 1 Kepahiang yang ditunjukkan dengan thitung 4,41 > ttabel 2,02. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model Problem Solving terhadap kemampuan penalaran dan hasil belajar fisika fluida statis di kelas XI MAN 1 Kepahiang. Kata Kunci : Problem Solving, Kemampuan Penalaran, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 28 Jul 2023 07:17
Last Modified: 28 Jul 2023 07:17
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14041

Actions (login required)

View Item View Item