PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK MELALUI MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA KONSEP KALOR DAN PERPINDAHANNYA DI KELAS VIIA SMP NEGERI 1 PONDOK KELAPA

EFRININTIA, EFRININTIA (2016) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK MELALUI MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA KONSEP KALOR DAN PERPINDAHANNYA DI KELAS VIIA SMP NEGERI 1 PONDOK KELAPA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Tesis)
SKRIPSI EFRININTIA (A1E012065).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan keterampilan proses sains pada konsep Kalor dan Perpindahannya. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIA yang berjumlah 24 orang. Data yang diperoleh adalah hasil belajar siswa, keterampilan proses sains, aktivitas guru dan aktivitas siswa. Hasil belajar siswa dalam aspek pengetahuan pada siklus I diperoleh ketuntasan belajar sebesar 62,5% (belum tuntas), meningkat pada siklus II ketuntasan belajar sebesar 183,33% (tuntas), dan meningkat lagi dibandingkan siklus I dan II yaitu pada siklus III diperoleh ketuntasan belajar sebesar 195,83% (tuntas). Nilai Keterampilan proses sains pada siklus I sebesar 73,75, meningkat pada siklus II sebesar 83,12 dan meningkat pada siklus III sebesar 89,58. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I dengan rata-rata skor sebesar 24,5 dalam kategori baik, siklus II sebesar 27,5 dalam kategori baik, dan siklus III sebesar 28 dalam kategori baik. Aktivitas siswa pada siklus I dengan rata-rata skor sebesar 24 dalam kategori baik, siklus II sebesar 26 dalam kategori baik, dan siklus III sebesar 28,5 dalam kategori baik.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik melalui model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa. Kata kunci: Pendekatan Saintifik, Model Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar Siswa, Keterampilan proses Sains, Aktivitas Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 07 Nov 2017 03:33
Last Modified: 07 Nov 2017 03:33
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14084

Actions (login required)

View Item View Item