PROTOTYPE ALAT PENDETEKSI DAN PENGUSIR TIKUS PADA PEMBIBITAN KELAPA SAWIT BERBASIS ARDUINO UNO (Research And Development)

Rukamana, Susi Tarwianti Endra and Mayub, Afrizal and Rosane, Medriati (2018) PROTOTYPE ALAT PENDETEKSI DAN PENGUSIR TIKUS PADA PEMBIBITAN KELAPA SAWIT BERBASIS ARDUINO UNO (Research And Development). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rancangan pengembangan prototype alat pendeteksi dan pengusir tikus pada pembibitan kelapa sawit berbasis Arduino Uno. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development. Tahapan dalam penelitian ini meliputi: perencanaan, produksi dan evaluasi. Alat pendeteksi dan pengusir tikus pada pembibitan kelapa sawit ini tersusun oleh komponen-komponen elektronik, yaitu sensor PIR sebagai pendeteksi pergerakan tikus, Arduino uno sebagai pengendali utama sistem dan penghubung modul GSM SIM900A. GSM SIM 900A berfungsi untuk alat komunikasi antara alat dengan user dalam satu arah. Alat pendeteksi dan pengusir tikus ini akan mengusir tikus dengan menggunakan suara yang dikeluarkan oleh speaker dari audio generator dengan frekuensi ultrasonik. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan pada alat yang telah dibuat, didapat bahwa prototype alat pendeteksi dan pengusir tikus pada pembiitan kelapa sawit berbsais Arduino Uno layak untuk digunakan untuk mendeteksi dan mengusir tikus. Kata kunci: sensor PIR, Arduio Uno, GSM SIM900A, dan Audio Generator

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 01 Aug 2023 03:09
Last Modified: 01 Aug 2023 03:09
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14084

Actions (login required)

View Item View Item