PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPA-BIOLOGI KELAS VII6 SMPN 1 KOTA BENGKULU (Classroom Action Reaserch)

Nurjanah, Nurjanah and Irawati, Sri and Yennita, Yennita (2018) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPA-BIOLOGI KELAS VII6 SMPN 1 KOTA BENGKULU (Classroom Action Reaserch). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi nurjanah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar dengan menerapkan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) di kelas VII6 SMPN 1 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah PTK dengan metode deskriptif. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan seluruh siswa kelas VII6 SMPN 1 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes. Pada siklus I aktivitas mengajar guru diperoleh skor rata-rata yaitu 26,5 (Baik) dan pada siklus II skor aktivitas guru menjadi 28,5 (Baik). Pada siklus I aktivitas belajar siswa diperoleh skor rata-rata yaitu 26,5 (Baik) dan pada siklus II skor aktivitas belajar peserta didik menjadi 29 (Baik). Hasil analisis persentase ketuntasan belajar peserta didik pada siklus I yaitu 75,75% (tidak tuntas) dan pada siklus II meningkat menjadi 84,84% (tuntas). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa kelas VII6 SMPN 1 Kota Bengkulu. Kata Kunci : Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS), Aktivitas, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Biology Science
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 03 Aug 2023 02:16
Last Modified: 03 Aug 2023 02:16
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14162

Actions (login required)

View Item View Item