Nurjanah, Nurjanah and Irawati, Sri and Yennita, Yennita (2018) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPA-BIOLOGI KELAS VII6 SMPN 1 KOTA BENGKULU (Classroom Action Reaserch). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
Skripsi nurjanah.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar dengan menerapkan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) di kelas VII6 SMPN 1 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah PTK dengan metode deskriptif. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan seluruh siswa kelas VII6 SMPN 1 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes. Pada siklus I aktivitas mengajar guru diperoleh skor rata-rata yaitu 26,5 (Baik) dan pada siklus II skor aktivitas guru menjadi 28,5 (Baik). Pada siklus I aktivitas belajar siswa diperoleh skor rata-rata yaitu 26,5 (Baik) dan pada siklus II skor aktivitas belajar peserta didik menjadi 29 (Baik). Hasil analisis persentase ketuntasan belajar peserta didik pada siklus I yaitu 75,75% (tidak tuntas) dan pada siklus II meningkat menjadi 84,84% (tuntas). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa kelas VII6 SMPN 1 Kota Bengkulu. Kata Kunci : Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS), Aktivitas, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Math & Natural Science > Department of Biology Science |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 03 Aug 2023 02:16 |
Last Modified: | 03 Aug 2023 02:16 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14162 |
Actions (login required)
View Item |