MOTIVASI BELAJAR DALAM PENYELESAIAN STUDI PADA MAHASISWA PENERIMA BIDIKMISI

AMBARITA, ROLLYCE PUTRI and Suparman, Suparman and Nurhayati, Darubekti (2023) MOTIVASI BELAJAR DALAM PENYELESAIAN STUDI PADA MAHASISWA PENERIMA BIDIKMISI. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI MOTIVASI BELAJAR DALAM PENYELESAIAN STUDI PADA MAHASISWA PENERIMA BIDIKMISI - Rollyce Putri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu aset untuk memajukan suatu bangsa. Pendidikan menjadi suatu cara mencerdaskan, menciptakan sumber daya yang berkualitas, unggul serta memiliki keterampilan. Seringkali keadaan ekonomi menjadi alasan yang membatasi seseorang untuk melanjutkan pendidikannya. Namun di era sekarang ini, pemerintah telah menyediakan berbagai kebijakan untuk keterbatasan ekonomi ini, salah satunya adalah Bidikmisi atau Biaya Pendidikan Miskin Berprestasi. Program ini menjadi solusi bagi mahasiswa yang tidak mampu secara ekonomi namun memiliki potensi yang baik dalam akademik, sehingga dapat menempuh pendidikannya. Bantuan biaya pendidikan yang diberikan selama 8 semester atau dalam 4 tahun masa studi, tentu merupakan suatu tanggung jawab yang besar bagi mahasiswa penerima Bidikmisi. Oleh karena itu, pentingnya mahasiswa memiliki motivasi dalam menyelesaikan studi. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif, yang menghasilkan data deskriptif mengenai Motivasi belajar dalam penyelesaian studi pada mahasiswa penerima Bidikmisi berdasarkan informasi yang diperoleh dari 14 informan dari mahasiswa penerima Bidikmisi semester akhir fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bengkulu yang ditentukan melalui teknik puposive sampling. Motivasi belajar dalam penelitian ini dipengaruhi oleh indikator motivasi belajar, antara lain: adanya hasrat dan keinginan berhasil, adanya dorongan kebutuhan belajar, adanya harapan dan cita-cita masa depan, adanya penghargaan dalam belajar, adanya kegiatan yang menarik dalam belajar, serta adanya lingkungan belajar yang kondusif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya indikator motivasi belajar yang tidak terpenuhi akan mempengaruhi pencapaian-pencapaian belajar mahasiswa, tidak terpenuhinya indikator motivasi belajar akan mengakibatkan proses belajar yang

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Social Welfare
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 02 Aug 2023 07:38
Last Modified: 02 Aug 2023 07:38
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14175

Actions (login required)

View Item View Item