ANALISIS PENGARUH STORE IMAGE DAN BRAND PERSONALITY TERHADAP CUSTOMER LOYALTY DENGAN BRAND PERCEIVED QUALITY SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PRODUK PRIVATE LABEL HYPERMART DI INDONESIA (ONLINE SURVEY)

Fedhla, Ameratul and Alfansi, Lizar (2016) ANALISIS PENGARUH STORE IMAGE DAN BRAND PERSONALITY TERHADAP CUSTOMER LOYALTY DENGAN BRAND PERCEIVED QUALITY SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PRODUK PRIVATE LABEL HYPERMART DI INDONESIA (ONLINE SURVEY). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (thesis)
SKRIPSI AMERATUL FEDHLA (2).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Saat ini industri retail terus berkembang khususnya di Indonesia sebagai Negara berkembang. Berkembangnya industri ini tidak lepas dari setelah pemerintah melakukan liberalisasi. Libelarisasi ditandai dengan adanya persetujuan secara tertulis dan ditandatanganinya letter of intent dengan IMF yang kemudian akan memberikan peluang bagi pebisnis asing untuk masuk kedalam bisnis retail di Indonesia Dengan dibukanya pintu masuk bagi para retailer asing sebagaimana Keputusan Presiden No. 118/2000 yang telah mengeluarkan bisnis retail dari negative list bagi penanaman modal asing (PMA), retail asing mulai marak masuk ke Indonesia. Masuknya retail asing dalam bisnis ini menunjukan bisnis ini sangat menguntungkan. Industri yang untung dalam menjalankan bisnisnya tidak lepas dari kesuksesan mereka dalam mengembangkan bisnis melalu strategi yang mereka miliki. Salah satu strategi dalam bisnis retail adalah dengan menciptakan produk private label sebagai upaya untuk meningkatkan loyalitas customer. Customer yang loyal merupakan asset bagi perusahaan dalam jangka panjang. Bisnis retail di Indonesia diklasifikasikan menjadi beberapa bagian mulai dari hypermarket hingga minimarket. Retail hypermarket yang sukses berkembang di Indonesia seperti Hypermart, Carefoor, Giant dan Lotte Mart. Setiap retail tersebut memiliki produk private label seperti Hypermart. Hypermart memiliki produk private label yang diberi nama Value Plus. Produk ini terbagi menjadi beberapa jenis mulai dari perlengkapan rumah tangga, peralatan rumah tangga, ATK, makanan atau minuman, dan sebagainya. Saat ini merek dianggap sangat penting karena merek dapat menggambarkan kualitas suatu produk. Selain merek, image dari gerai juga dianggap penting oleh beberapa peneliti khususnya dalam menciptakan citra merek yang positif dan diakhir akan menimbulkan loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara store image, brand personality, brand perceived quality dan customer loyalty pada produk private label Hypermart dengan merek Value Plus. Hubungan tersebut dilandasi dengan adanya variabel mediasi dimana variabel tersebut adalah brand perceived quality yang memediasi variabel store image dan brand personality terhadap customer loyalty. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menyebarkan kuisioner secara online dengan total responden penelitian sebanyak 150 orang. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data regresi termediasi. Seperti yang diketahui, pada pengujian variabel penelitian ini bahwa brand perceived quality memediasi variabel store image dan brand personality terhadap 13 customer loyalty produk private label Hypermart merek Value Plus di Indonesia. Analisis regresi termediasi dilakukan dan pengujian koefisien signifikansi dilakukan pada tiap-tiap tahap. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pertama store image berpengaruh signifikan terhadap brand perceived quality. Kedua, penelitian ini menunjukan bahwa brand personality berpengaruh signifikan terhadap customer loyalty. Ketiga, penelitian ini menunjukan bahwa variabel brand perceived quality signifikan memediasi antara store image dan customer loyalty secara parsial. Keempat, penelitian ini menunjukan bahwa brand personality berpengaruh signifikan terhadap brand perceived quality. Kelima, penelitian ini menunjukan bahwa variabel brand perceived quality signifikan memediasi antara variabel brand personality dan customer loyalty secara parsial. Keenam penelitian ini menunjukan bahwa variable store image berpengaruh secara signifikan terhadap variabel customer loyalty. Ketujuh, penelitian ini menunjukan bahwa variabel brand personality berpengaruh secara signifikan terhadap customer loyalty. Kata Kunci: store image, brand personality, brand perceived quality, customer loyalty.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economy > Department of Development Economics
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 08 Nov 2017 08:12
Last Modified: 08 Nov 2017 08:12
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14289

Actions (login required)

View Item View Item