EVALUATION OF ENGLISH TEACHING MATERIALS USED AT A VOCATIONAL HIGH SCHOOL BASED ON CUNNINGSWORTH’S CHECKLIST (BAHASA INGGRIS KELAS XI SMA/MA/SMK/MAK, PUBLISHED BY KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA, REVISED EDITION IN 2017)

Nurhamsih, Yeli and Syahrial, Syahrial and Arono, Arono (2018) EVALUATION OF ENGLISH TEACHING MATERIALS USED AT A VOCATIONAL HIGH SCHOOL BASED ON CUNNINGSWORTH’S CHECKLIST (BAHASA INGGRIS KELAS XI SMA/MA/SMK/MAK, PUBLISHED BY KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA, REVISED EDITION IN 2017). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Thesis Yeli Nurhamsih.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (35MB)

Abstract

Abstrak Guru harus mampu memilih buku yang tepat untuk digunakan dalam proses belajar mengajar. Salah satu caranya adalah dengan mengevaluasi buku tersebut. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi materi pengajaran Bahasa Inggris meliputi konten bahasa, keterampilan bahasa, dan topik, yang digunakan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) berdasarkan ceklist Cunnigsworth. Data diambil dengan mendistribusikan ceklist dan melaksanakan wawancara dengan wakil kepala sekolah yang juga merupakan guru bahasa Inggris dan dua orang guru bahasa Inggris di salah satu SMK. Data dianalisa dengan mencari rata-rata dan persentase. Metodologi penelitian ini adalah analisis konten kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukan konten bahasa yang ada di buku tersebut berdasarkan kriteria materi pengajaran bahasa Inggris yang baik adalah rendah. Buku tersebut hanya berisi sedikit grammar dan kosa kata. Keterampilan bahasa yang di praktiskan dibuku tersebut menurut kriteria materi pengajaran bahasa Inggris yang baik adalah rendah karena mereka ditampilkan dalam konten bahasa inggris umum dan kegiatannya terbatas. Menurut kriteria materi pengajaran bahasa Inggris, topik-topik yang diperkenalkan dibuku tersebut juga terkategori rendah. Topik-topik yang ada dibuku tersebut adalah topik-topik yang umum. Dapat disimpulkan bahwa materi pengajaran Bahasa Inggris meliputi konten bahasa, skill bahasa, dan topik yang ada di buku tersebut tidak cocok untuk siswa akomodasi perhotelan. Sebagai saran, keempat skill bahasa harus terintegrasi di dalam topik supaya dapat memberikan pengaruh terhadap grammar dan keterampilan komunikasi. Topik-topik yang berhubungan dengan kepariwisataan dan perhotelan terutama akomodasi perhotelan harus dilengkapi dan ditambah sehingga buku tersebut akan bermakna bagi para siswa terutama siswa akomodasi perhotelan. Keywords: evaluasi, materi pengajaran Bahasa Inggris, Sekolah Menengah Kejuruan, ceklist

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Aug 2023 02:17
Last Modified: 16 Aug 2023 04:30
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14336

Actions (login required)

View Item View Item