EVALUATION OF ENGLISH TEACHING MATERIALS USED AT A VOCATIONAL HIGH SCHOOL BASED ON CUNNINGSWORTH’S CHECKLIST (BAHASA INGGRIS KELAS XI SMA/MA/SMK/MAK, PUBLISHED BY KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA, REVISED EDITION IN 2017)

Nurhamsih, Yeli and Syahrial, Syahrial and Arono, Arono (2018) EVALUATION OF ENGLISH TEACHING MATERIALS USED AT A VOCATIONAL HIGH SCHOOL BASED ON CUNNINGSWORTH’S CHECKLIST (BAHASA INGGRIS KELAS XI SMA/MA/SMK/MAK, PUBLISHED BY KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA, REVISED EDITION IN 2017). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis Yeli Nurhamsih.pdf] Text
Thesis Yeli Nurhamsih.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (35MB)

Abstract

Abstrak
Guru harus mampu memilih buku yang tepat untuk digunakan dalam
proses belajar mengajar. Salah satu caranya adalah dengan
mengevaluasi buku tersebut. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi materi
pengajaran Bahasa Inggris meliputi konten bahasa, keterampilan bahasa,
dan topik, yang digunakan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
berdasarkan ceklist Cunnigsworth. Data diambil dengan mendistribusikan
ceklist dan melaksanakan wawancara dengan wakil kepala sekolah yang
juga merupakan guru bahasa Inggris dan dua orang guru bahasa Inggris
di salah satu SMK. Data dianalisa dengan mencari rata-rata dan
persentase. Metodologi penelitian ini adalah analisis konten kualitatif
deskriptif. Hasil penelitian menunjukan konten bahasa yang ada di buku
tersebut berdasarkan kriteria materi pengajaran bahasa Inggris yang baik
adalah rendah. Buku tersebut hanya berisi sedikit grammar dan kosa kata.
Keterampilan bahasa yang di praktiskan dibuku tersebut menurut kriteria
materi pengajaran bahasa Inggris yang baik adalah rendah karena
mereka ditampilkan dalam konten bahasa inggris umum dan kegiatannya
terbatas. Menurut kriteria materi pengajaran bahasa Inggris, topik-topik
yang diperkenalkan dibuku tersebut juga terkategori rendah. Topik-topik
yang ada dibuku tersebut adalah topik-topik yang umum. Dapat
disimpulkan bahwa materi pengajaran Bahasa Inggris meliputi konten
bahasa, skill bahasa, dan topik yang ada di buku tersebut tidak cocok
untuk siswa akomodasi perhotelan. Sebagai saran, keempat skill bahasa
harus terintegrasi di dalam topik supaya dapat memberikan pengaruh
terhadap grammar dan keterampilan komunikasi. Topik-topik yang
berhubungan dengan kepariwisataan dan perhotelan terutama akomodasi
perhotelan harus dilengkapi dan ditambah sehingga buku tersebut akan
bermakna bagi para siswa terutama siswa akomodasi perhotelan.
Keywords: evaluasi, materi pengajaran Bahasa Inggris, Sekolah Menengah Kejuruan,
ceklist

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Aug 2023 02:17
Last Modified: 16 Aug 2023 04:30
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14336

Actions (login required)

View Item
View Item