PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA LINE WEBTOON PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KOTA BENGKULU

Silpani, Oktarina and Susetyo, Susetyo and Gumono, Gumono (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA LINE WEBTOON PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
(SKRIPSI) SILPANI OKTARINA - A1A014080.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Oktarina, Silpani. 2018. Peningkatan Keterampilan Menulis Naskah Drama dengan Menggunakan Media Line Webtoon pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Bengkulu. Skripsi, Program Sarjana (S-1) Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu. Pembimbing (I) Dr. Susetyo, M.Pd., Pembimbing (II) Dr. Gumono, M.Pd. Kata kunci: keterampilan menulis, naskah drama, line webtoon. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang peningkatan keterampilan menulis naskah drama pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Bengkulu menggunakan media line webtoon. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan MC Teggart. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas VIII-7 SMP Negeri 1 Kota Bengkulu yang berjumlah 35 orang dan dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 70,1 dengan ketuntasan belajar secara klasikal 25,71%. Perolehan hasil menulis naskah drama siswa rata-rata masih rendah pada kriteria penilaian dialog, alur dan petunjuk teknis pada siklus I. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 83,3 dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 80%. Kesulitan siswa dalam menulis naskah drama pada siklus sebelumnya dapat teratasi dengan baik pada siklus II dengan meningkatnya kenaikan skor sebesar 13,2 dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 54,12%.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 09 Aug 2023 02:42
Last Modified: 16 Aug 2023 08:47
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14409

Actions (login required)

View Item View Item