ENGLISH TEACHERS’ DIFFICULTIES IN DESIGNING LESSON PLANS BASED ON THE 2013 CURRICULUM IN JUNIOR HIGH SCHOOLS IN BENGKULU CITY

Julianti, Nora Dwi and Hati, Gita Mutiara and Elfrida, Elfrida (2022) ENGLISH TEACHERS’ DIFFICULTIES IN DESIGNING LESSON PLANS BASED ON THE 2013 CURRICULUM IN JUNIOR HIGH SCHOOLS IN BENGKULU CITY. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
NORA DWI JULIANTI (A1B016023).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Julianti, Nora Dwi. 2022. Kesulitan-Kesulitan Guru Bahasa Inggris dalam Mendesain Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berdasarkan Kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Pertama di Kota Bengkulu. Pembimbing I: I. Gita Mutiara Hati, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II: II. Dra. Elfrida., M.Pd. Tujuan dari penelitian ini adalah; 1) untuk menyelidiki kesulitan yang dihadapi oleh guru bahasa Inggris SMP dalam merancang RPP berdasarkan kurikulum 2013. And 2) untuk menyelidiki komponen yang dianggap paling sulit untuk ditulis oleh mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed-method dengan desain sekuensial explanatory design yang melibatkan 30 guru Bahasa Inggris SMP di Kota Bengkulu. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket sebanyak 35 item dan wawancara semi terstruktur yang membahas tentang kesulitan guru dalam merancang RPP berdasarkan kurikulum 2013. Kuesioner disusun berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013. Sebelum disebarkan kepada responden penelitian; konten divalidasi oleh penilaian ahli dan kemudian studi percontohan dilakukan. Kemudian, validitas konstruk diuji dengan menggunakan Pearson Product Moment. Selanjutnya reliabilitas kuesioner diuji dengan menggunakan Cronbach’s Alpha. Temuan menunjukkan bahwa guru bahasa Inggris mengalami kesulitan dalam merancang RPP dalam empat komponen yaitu indikator, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, dan penilaian, sedangkan komponen penilaian diidentifikasi sebagai kesulitan tertinggi yang dihadapi oleh mereka. Selain itu, hasil wawancara mengungkapkan bahwa komponen-komponen tersebut sulit bagi guru karena beberapa faktor, yaitu kurangnya pengetahuan tentang RPP, kelebihan jam mengajar, dan situasi belajar mengajar selama pandemi COVID-19. Temuan ini memberikan informasi tentang kemampuan guru bahasa Inggris SMP dalam merancang RPP berdasarkan kurikulum 2013 di Kota Bengkulu. Katakunci: Guru bahasa Inggris, rencana pelaksanaan pembelajaran, kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Aug 2023 08:21
Last Modified: 10 Aug 2023 08:21
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14499

Actions (login required)

View Item View Item