TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PEMBATASAN AKSES INFORMASI HASIL INVESTIGASI KECELAKAAN PESAWAT UDARA BERDASARKAN PASAL 359 UNDANG�UNDANG NOMOR 1 TAHUN 2009 TENTANG PENERBANGAN

ANNISA, SALSABILA and Deli, Waryenti and Tri, Andika (2022) TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PEMBATASAN AKSES INFORMASI HASIL INVESTIGASI KECELAKAAN PESAWAT UDARA BERDASARKAN PASAL 359 UNDANG�UNDANG NOMOR 1 TAHUN 2009 TENTANG PENERBANGAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
GABUNGAN SKRIPSI SALSA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Pasal 359 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan menutup akses penggunaan hasil investigasi kecelakaan pesawat udara sebagai alat bukti dalam proses peradilan dan membatasi akses sejumlah informasi hasil investigasi kecelakaan pesawat udara. Hal ini jelas bertentangan dengan hak atas informasi yang dijamin dalam Pasal 28 F UUD NRI 1945. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaturan mengenai pembatasan akses informasi hasil investigasi kecelakaan pesawat dan meninjau implikasi hukum yang timbul akibat adanya pengaturan tersebut. Metode penelitan yang digunakan adalah jenis penelitian yuridis normatif, dan menggunakan pendekatan perundang-undangan, pendekatan konseptual, dan pendekatan perbandingan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaturan mengenai pembatasan akses informasi hasil investigasi kecelakaan pesawat udara bertentangan satu sama lain dan tidak memberikan ruang bagi publik untuk mengakses hasil investigasi kecelakaan pesawat secara utuh. Adapun implikasi hukum akibat pembatasan akses informasi hasil investigasi kecelakaan pesawat udara ialah terbatasnya upaya hukum korban dan keluarga korban untuk memperoleh ganti kerugian di pengadilan dan berimplikasi pada minimnya tanggung jawab negara untuk memenuhi hak atas informasi warga negara. Guna mengatasi problematika tersebut, diperlukan adanya perubahan terhadap ketentuan Pasal 359 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan untuk menjamin hak atas informasi yang harus dipenuhi, dihormati, dan dilindungi oleh Negara.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 24 Aug 2023 03:23
Last Modified: 24 Aug 2023 03:23
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14644

Actions (login required)

View Item View Item