PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK DI KELAS VII SMPN 9 KOTA BENGKULU

Tama, Rizky Dwi and Rusdi, Rusdi (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK DI KELAS VII SMPN 9 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
A1C016016_RIZKY DWI TAMA_PENDIDIKAN MATEMATIKA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika peserta didik pada materi segiempat dan segitiga. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas peserta didik dan tes hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas belajar peserta didik yang dilakukan dengan cara: pembagian kelompok yang heterogen, membimbing setiap kelompok yang mengalami kesulitan pada tahap melaksanakan investigasi, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menanggapi dan bertanya pada tahap mempresentasikan laporan akhir dan memberikan apresiasi berupa pujian, tepuk tangan serta tambahan nilai. Peningkatan aktivitas belajar dapat dilihat dari rata-rata skor pada lembar observasi aktivitas peserta didik siklus I yaitu 24,125 (kriteria cukup). Peningkatan hasil belajar dapat dilakukan dengan cara: membuat LKPD dengan langkah-langkah group investigation, mengingatkan peserta didik mengenai materi prasyarat pada tahap mengidentifikasi topik dan apersepsi, dan memberikan soal latihan pada tahap evaluasi. Peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari nilai rata-rata tes hasil belajar peserta didik pra siklus sampai siklus I yaitu 33,5 dan 58,7 persentase ketuntasan belajar klasikal dari pra siklus sampai siklus I yaitu 0%, dan 25,8%. Kata kunci: Aktivitas Belajar; Group Investigation Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 25 Aug 2023 07:27
Last Modified: 25 Aug 2023 07:27
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14730

Actions (login required)

View Item View Item