Tama, Rizky Dwi and Rusdi, Rusdi (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK DI KELAS VII SMPN 9 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![A1C016016_RIZKY DWI TAMA_PENDIDIKAN MATEMATIKA.pdf [thumbnail of A1C016016_RIZKY DWI TAMA_PENDIDIKAN MATEMATIKA.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
A1C016016_RIZKY DWI TAMA_PENDIDIKAN MATEMATIKA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara menerapkan model 
pembelajaran kooperatif tipe group investigation untuk meningkatkan aktivitas 
dan hasil belajar matematika peserta didik pada materi segiempat dan segitiga. 
Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas. Instrumen yang digunakan
yaitu lembar observasi aktivitas peserta didik dan tes hasil belajar peserta didik. 
Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas belajar peserta didik 
yang dilakukan dengan cara: pembagian kelompok yang heterogen, membimbing 
setiap kelompok yang mengalami kesulitan pada tahap melaksanakan investigasi, 
memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menanggapi dan bertanya 
pada tahap mempresentasikan laporan akhir dan memberikan apresiasi berupa 
pujian, tepuk tangan serta tambahan nilai. Peningkatan aktivitas belajar dapat 
dilihat dari rata-rata skor pada lembar observasi aktivitas peserta didik siklus I 
yaitu 24,125 (kriteria cukup). Peningkatan hasil belajar dapat dilakukan dengan
cara: membuat LKPD dengan langkah-langkah group investigation, mengingatkan 
peserta didik mengenai materi prasyarat pada tahap mengidentifikasi topik dan 
apersepsi, dan memberikan soal latihan pada tahap evaluasi. Peningkatan hasil 
belajar peserta didik dapat dilihat dari nilai rata-rata tes hasil belajar peserta didik 
pra siklus sampai siklus I yaitu 33,5 dan 58,7 persentase ketuntasan belajar 
klasikal dari pra siklus sampai siklus I yaitu 0%, dan 25,8%. 
Kata kunci: Aktivitas Belajar; Group Investigation Hasil Belajar.
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education | 
| Depositing User: | 034 Septi Septi | 
| Date Deposited: | 25 Aug 2023 07:27 | 
| Last Modified: | 25 Aug 2023 07:27 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14730 | 

