KARAKTERISTIK HABITAT KEPITING BAKAU (Scylla spp.) DI PERAIRAN KELURAHAN KANDANG, KECAMATAN KAMPUNG MELAYU KOTA BENGKULU

Ari, Rhamadhon and Zamdial, Zamdial and Dede, Hartono (2021) KARAKTERISTIK HABITAT KEPITING BAKAU (Scylla spp.) DI PERAIRAN KELURAHAN KANDANG, KECAMATAN KAMPUNG MELAYU KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI _Ari Rhamadhon E1I016011_ilmu kelautan.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik habitat kepiting bakau di Kelurahan Kandang, Kecamatan Kampung Melayu, Kota Bengkulu. Penelitian ini dilakukan pada bulan September 2020 dengan menggunakan metode survei. Pengumpulan data primer dilakukan dengan metode observasi dan pengukuran langsung di lokasi penelitian. Stasiun pengambilan sampel dan pengukuran data ditentukan dengan metode purposive. Semua sampel dianalisis di Laboratorium Perikanan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu. Analisis jenis substrat dasar dilakukan dengan menggunakan metode Segitiga Shepard. Analisis data makrozoobentos dilakukan untuk mengetahui kondisi struktural komunitas yang terdiri dari indeks keanekaragaman (H'), indeks keseragaman (E) dan indeks dominansi (C). Hasil penelitian menunjukkan nilai parameter perairan habitat kepiting bakau adalah suhu (290C), pH (7), dan salinitas (10 ppt). Berdasarkan analisis sedimen menunjukkan bahwa sedimen didominasi oleh fraksi debu yaitu 74,54%, kemudian disusul oleh lempung 11% dan pasir 10%. Substrat perairan merupakan jenis lempung berdebu, dengan komposisi debu (74,54%), liat (11%), dan pasir (10%). Ada 4 jenis makrozoobentos yang ditemukan dari sampel substrat, yaitu Thiaridae, Corbiludae, Bulimidae, dan Gobiidae. Nilai indeks keanekaragaman (H') makrozoobentos 0,83 dan nilai indeks dominansi (C) 0,74. Indeks keseragaman (E) berdasarkan perhitungan data diperoleh nilai 0,60, hal ini menunjukkan tingkat keseragaman yang tinggi dengan adanya satu individu yang mendominasi. Nilai parameter dan jenis substrat air di Desa Kandang, Kecamatan Kampung Melayu, Kota Bengkulu masih mendukung pertumbuhan dan kelangsungan hidup kepiting bakau. Kata Kunci: Karakteristik, Habitat, Kepiting Bakau, Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Animal Science
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 28 Aug 2023 01:34
Last Modified: 28 Aug 2023 01:34
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14825

Actions (login required)

View Item View Item