PENGARUH DOSIS PUPUK ABU SEKAM PADI DAN NPK MAJEMUK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KEDELAI HITAM (Glycine soja (L) Merril) DI ULTISOL

Tenti, Astini and Bambang, Gonggo Murcitro and Hesti, Pujiwati (2021) PENGARUH DOSIS PUPUK ABU SEKAM PADI DAN NPK MAJEMUK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KEDELAI HITAM (Glycine soja (L) Merril) DI ULTISOL. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI __Tenti Astini.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Kedelai hitam (Glycine soja (L) Merril) termasuk tanaman asli dari Asia tropis seperti Asia Tenggara karena memiliki kandungan yang baik bagi penderita Diabetes Melitus selain itu terdapat juga kandungan protein 45,58%, dan lemak 14,83%. Kebutuhan kedelai hitam mengalami peningkatan tiap tahunnya, oleh sebab itu pemanfaatan lahan kering serta pemberian pupuk abu sekam padi dan pupuk NPK Majemuk merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan produksi kedelai hitam dalam rangka dapat memenuhi kebutuhan konsumsi yang terus meningkat. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari 2021 sampai Mei 2021 yang berlokasi di Jln. WR. Supratman Kelurahan. Pematang Gubernur Kecamatan. Muara Bangkahulu Kota Bengkulu. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) dengan dua faktor, faktor pertama pupuk Abu sekam padi dan faktor kedua pupuk NPK Majemuk. Dari dua faktor tersebut diperoleh 16 kombinasi perlakuan dan diulang sebanyak 3 kali dan masing – masing perlakuan terdiri dari 2 polybag sehingga diperoleh 96 polybag. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat interaksi antara dosis pupuk abu sekam padi dan NPK Majemuk, akan tetapi diperoleh pupuk abu sekam padi yang berpengaruh nyata terhadap variabel tinggi tanaman 8 MST, jumlah daun 3 MST, bobot segar berangkasan tajuk, dan bobot kering brangkasan tajuk. Serta pupuk NPK Majemuk yang berpengaruh nyata terhadap variabel tinggi tanaman 3 MST, 4 MST, 8 MST, jumlah daun 3 MST, 4 MST, 8 MST, bobot segar berangkasan tajuk, dan bobot kering berangkasan tajuk.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agroecotechnology
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 29 Aug 2023 07:23
Last Modified: 29 Aug 2023 07:23
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15033

Actions (login required)

View Item View Item