HALAMAN JUDUL SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN REKOMENDASI PEMBELIAN MOBIL BEKAS MENGGUNAKAN METODE MULTI-FACTOR EVALUATION PROCESS (MFEP) DAN BASIS DATA FUZZY TAHANI

OKTAVIA, YOLA and Boko, Susilo and Rusdi, Efendi (2017) HALAMAN JUDUL SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN REKOMENDASI PEMBELIAN MOBIL BEKAS MENGGUNAKAN METODE MULTI-FACTOR EVALUATION PROCESS (MFEP) DAN BASIS DATA FUZZY TAHANI. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
G1A012054_Yola Oktavia.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah membangun sebuah aplikasi sistem pendukung keputusan rekomendasi untuk pembelian mobil bekas. Aplikasi ini menggunakan metode Basis data Fuzzy Tahani untuk melakukan pemprosesan data harga, kapasitas silinder, umur mobil, umur aki serta jarak tempuh dan menggunakan metode Multi-Factor Evaluation Process (MFEP) untuk melakukan perangkingan rekomendasi. Data mobil bekas yang dimasukkan diperoleh dari lima showroom mobil yang ada di kota Bengkulu. Untuk pembuatan keputusan digunakan metode MFEP (Multi-Factor Evalution Process) dan Basis data Fuzzy Tahani. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem pendukung keputusan rekomendasi pembelian mobil bekas yang memiliki fitur-fitur penambahan data (jenis mobil, merk mobil, bahan bakar, showroom, dan mobil) dan pengubahan domain aturan fuzzy. Pengujian kelayakan system dilakukan pada 20 konsumen dengan 80 data mobil dan diambil secara acak. Hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel tampilan dengan kategori sangat baik (31 %), variabel kemudahan pengguna adalah sangat baik (7,5 %), dan variabel kinerja sistem juga berada pada kategori sangat baik (23,75 %). Sehingga secara keseluruhan adalah system berada pada kategori Baik (skor 4,09 dari skala 5,00).

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 164 Irma Rohayu
Date Deposited: 29 Nov 2017 02:42
Last Modified: 29 Nov 2017 02:42
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15126

Actions (login required)

View Item View Item