”PENERAPAN CAD/CAM DALAM PEMBUATAN PART ALAT ELECTRICAL CAPACITANCE VOLUME TOMOGRAPHY (ECVT) MENGGUNAKAN PRO/ENGINEER 5.0 dan SWANSOFT NC SIMULATION”

AFRIANSYAH, MIKO and Eng, Hendra and Zuliantoni, Zuliantoni (2017) ”PENERAPAN CAD/CAM DALAM PEMBUATAN PART ALAT ELECTRICAL CAPACITANCE VOLUME TOMOGRAPHY (ECVT) MENGGUNAKAN PRO/ENGINEER 5.0 dan SWANSOFT NC SIMULATION”. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Computer aided design adalah suatu program computer untuk mendesain suatu rekayasa teknik (design engineering) dengan geometris yang tepat dan cepat. Sedangkan computer aided manufacturing adalah sistem manufaktur yang mengoptimalkan kemampuan program komputer untuk menerjemahkan desain yang dibuat oleh CAD sehingga dapat digunakan untuk mengontrol mesin perkakas NC (numerical controlled machines). Salah satu perangkat lunak CAD/CAM yang digunakan adalah pro engineer wildfire 5.0 (pro/e wildfire 5.0) dan swansoft CNC simulasi (SSCNC). Penelitian ini bertujuan untuk mengaplikasikan perangkat lunak CAD/CAM, mengetahui Generate Code yang dikeluarkan oleh Pro/engineer, mensimulasikan dan mengetahui kesalahan Generate Code berupa G-Codes dan M-Codes menggunakan swansoft CNC simulasi (SSCNC). Hasil yang didapatkan Generate code yang dikeluar oleh pro/engineer dalam format notepad ".tap" maka format “.tap” harus diganti kedalam bentuk format “.cnc, nc, dan txt” agar GCodes dan M-Codes dapat terbaca. Perbedaan penulisan G0, G1, pada hasil generate code yang dikeluarkan oleh pro/enginner, tidak memberikan efek berbeda pada penulisan program yang sebenarnya, artinya program masih dapat digunakan. Sebelum melakukan proses simulasi perlu diperhatikan untuk mensetting titik pemiindahan titik nol (0) mesin ke titik nol (0) benda kerja agar tidak terjadi kesalahan pada saat simulasi dan tidak memotong line lain.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Depositing User: 164 Irma Rohayu
Date Deposited: 30 Nov 2017 02:39
Last Modified: 30 Nov 2017 02:39
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15182

Actions (login required)

View Item View Item