PENGARUH MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SD WILAYAH KELUARGA KERUKUNAN TABUT DI KOTA BENGKULU

Universitas Bengkulu (2020) PENGARUH MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SD WILAYAH KELUARGA KERUKUNAN TABUT DI KOTA BENGKULU. Fakultas Keguruan dan ilmu pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI SINTA MARTIA PUTRI PDF.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Realistic Mathematics Education berbasis etnomatematika tabut terhadap kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran matematika siswa kelas V SD wilayah Keluarga Kerukunan Tabut di Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah quasy experimental dengan jenis desain The Mathcing Only Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD wilayah Keluarga Kerukunan Tabut di Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Hasil pengundian diperoleh sampel yaitu kelas V B di SD Negeri 11 Kota Bengkulu sebagai kelas eksperimen, dan kelas V B SD Negeri 08 Kota Bengkulu sebagai kelas kontrol. Uji coba instrumen dilakukan di kelas VI A SD Negeri 04 Kota Bengkulu. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah uraian yang berjumlah 5 soal. Hasil perhitungan uji-t didapatkan thitung 2,17 > ttabel 2,01. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Realistic Mathematics Education berbasis Etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran matematika siswa kelas V SD wilayah Keluarga Kerukunan Tabut di Kota Bengkulu. Kata kunci: Realistic Mathematics Education, Etnomatematika Tabut, Kemampuan Pemecahan Masalah, Matematika

Item Type: Patent
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 04 Sep 2023 01:35
Last Modified: 04 Sep 2023 01:35
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15184

Actions (login required)

View Item View Item