Universitas Bengkulu (2020) PENGARUH MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SD WILAYAH KELUARGA KERUKUNAN TABUT DI KOTA BENGKULU. Fakultas Keguruan dan ilmu pendidikan.
Text
SKRIPSI SINTA MARTIA PUTRI PDF.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Realistic Mathematics Education berbasis etnomatematika tabut terhadap kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran matematika siswa kelas V SD wilayah Keluarga Kerukunan Tabut di Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah quasy experimental dengan jenis desain The Mathcing Only Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD wilayah Keluarga Kerukunan Tabut di Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Hasil pengundian diperoleh sampel yaitu kelas V B di SD Negeri 11 Kota Bengkulu sebagai kelas eksperimen, dan kelas V B SD Negeri 08 Kota Bengkulu sebagai kelas kontrol. Uji coba instrumen dilakukan di kelas VI A SD Negeri 04 Kota Bengkulu. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah uraian yang berjumlah 5 soal. Hasil perhitungan uji-t didapatkan thitung 2,17 > ttabel 2,01. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Realistic Mathematics Education berbasis Etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran matematika siswa kelas V SD wilayah Keluarga Kerukunan Tabut di Kota Bengkulu. Kata kunci: Realistic Mathematics Education, Etnomatematika Tabut, Kemampuan Pemecahan Masalah, Matematika
Item Type: | Patent |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 04 Sep 2023 01:35 |
Last Modified: | 04 Sep 2023 01:35 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15184 |
Actions (login required)
View Item |