PENGARUH MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS IV GUGUS 17 KOTA BENGKULU

Witha, Tivani Sandra and V, Karjiyati (2020) PENGARUH MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS IV GUGUS 17 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
tivani sandra witha.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Realistic Mathematics Education berbasis etnomatematika terhadap kemampuan literasi matematika siswa kelas IV SD gugus 17 kota bengkulu pada materi bangun datar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain penelitian the matching only pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Gugus 17 Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 2 SD Negeri Gugus 17 Kota Bengkulu yaitu siswa kelas IV B SD Negeri 04 Kota Bengkulu sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV C SD Negeri 11 Kota Bengkulu sebagai kelas kontrol. Kelas IV B SD Negeri 04 Kota Bengkulu dan kelas IV C SD Negeri 11 Kota Bengkulu dinyatakan homogen karena dibuktikan pada hasil fhitung lebih kecil dari pada ftabel dengan fhitung sebesar 1,67 dan ftabel sebesar 1,95. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes yang berbentuk soal essai yang diberikan melalui pretest dan posttest. Pengambilan tes sebanyak dua kali, yaitu sebelum dan sesudah pembelajaran berlangsung pada kelas eksperimen dan kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu lembar tes berupa soal uraian untuk konteks literasi matematika. Teknik analisis data menggunakan mengunakan analisis deskriptif yaitu mean dan varian serta analisis inferensial yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis. Berdasarkan perhitungan uji-t hasil posttest siswa, terdapat thitung 4,24 > ttabel 2,01, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model Realistic Mathematic Education berbasis etnomatematika terhadap kemampuan literasi matematika pada komponen konteks siswa kelas IV Gugus 17 Kota Bengkulu. Kata Kunci: model realistic mathematics education, etnomatematika, kemampuan literasi matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 04 Sep 2023 01:35
Last Modified: 04 Sep 2023 01:35
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15185

Actions (login required)

View Item View Item