Witha, Tivani Sandra and V, Karjiyati (2020) PENGARUH MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS IV GUGUS 17 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![tivani sandra witha.pdf [thumbnail of tivani sandra witha.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
tivani sandra witha.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Realistic Mathematics 
Education berbasis etnomatematika terhadap kemampuan literasi matematika siswa 
kelas IV SD gugus 17 kota bengkulu pada materi bangun datar. Penelitian ini 
merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah 
eksperimen semu dengan desain penelitian the matching only pretest-posttest control 
group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Gugus 17 Kota 
Bengkulu. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. 
Sampel dalam penelitian ini adalah 2 SD Negeri Gugus 17 Kota Bengkulu yaitu 
siswa kelas IV B SD Negeri 04 Kota Bengkulu sebagai kelas eksperimen dan siswa 
kelas IV C SD Negeri 11 Kota Bengkulu sebagai kelas kontrol. Kelas IV B SD 
Negeri 04 Kota Bengkulu dan kelas IV C SD Negeri 11 Kota Bengkulu dinyatakan 
homogen karena dibuktikan pada hasil fhitung lebih kecil dari pada ftabel dengan fhitung
sebesar 1,67 dan ftabel sebesar 1,95. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes 
yang berbentuk soal essai yang diberikan melalui pretest dan posttest. Pengambilan 
tes sebanyak dua kali, yaitu sebelum dan sesudah pembelajaran berlangsung pada 
kelas eksperimen dan kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu 
lembar tes berupa soal uraian untuk konteks literasi matematika. Teknik analisis data 
menggunakan mengunakan analisis deskriptif yaitu mean dan varian serta analisis 
inferensial yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis. Berdasarkan 
perhitungan uji-t hasil posttest siswa, terdapat thitung 4,24 > ttabel 2,01, sehingga dapat 
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model Realistic Mathematic 
Education berbasis etnomatematika terhadap kemampuan literasi matematika pada 
komponen konteks siswa kelas IV Gugus 17 Kota Bengkulu.
Kata Kunci: model realistic mathematics education, etnomatematika, kemampuan 
literasi matematika.
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education | 
| Depositing User: | 034 Septi Septi | 
| Date Deposited: | 04 Sep 2023 01:35 | 
| Last Modified: | 04 Sep 2023 01:35 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15185 | 

