Siska, Pratama Saputri and Sriyoto, Sriyoto and Musriyadi, Nabiu (2021) NALISIS EFISIENSI DAN EFEKTIVITAS PEMASARAN IKAN KERING DI KELURAHAN SUMBER JAYA KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (Thesis)
skripsi pdf.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) |
Abstract
Efisiensi pemasaran merupakan salah satu aspek pemasaran dalam upaya meningkatkan pergerakan barang dari produsen ke konsumen. Dalam efisiensi pemasaran akan dilihat adanya perbedaan harga yang diterima produsen sampai yang dibayarkan oleh konsumen akhir, serta kelayakan pendapatan yang diterima produsen terhadap yang dihasilkan. Efisiensi dan tidak efisiensi pemasaran akan dilihat karena saluran pemasaran yang terlalu panjang, lebih besar biaya pemasaran dan harga jual rendah sehingga perlu ada strategi pemasaran. Pada tingkat pemasaran dengan berbagai level, tenaga pemasaran dapat meningkatkan usaha yang dijalankannya dengan membuat perubahan kecil dikeseluruhan dari 4P atau disebut dengan marketing mix yang terdiri dari produk (product), harga (price), distribusi (place) dan promosi (promotion), pelaksanaan pemasaran kreatif dapat meningkatkan pertumbuhan pasar dan efektivitas pemasaran. Untuk pemasar dengan program bertingkat, dapat meningkatkan efektivitas pemasaran dengan mengelola dan menjalankan setiap pemasaran dengan lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efisiensi pemasaran ikan kering di Kelurahan Sumber Jaya Kota Bengkulu, dan menganalisis efektivitas pemasaran ikan kering di Kelurahan Sumber Jaya. Metode yang digunakan simple rendom sampling dan snowball sampling. Metode Importance Performance Analysis (IPA) untuk menentukan efektivitas pemasaran ikan kering di Kelurahan Sumber Jaya. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diketahui pada saluran pemasaran III yaitu Pedagang pengumpul → pedagang besar → pedagang pengecer→ konsumen (Kota Bengkulu) tergolong efisien karena margin paling kecil, farmer share paling besar serta tingkat efisiensi pemasaran <5%. Dibandingkan dengan pola saluran pemasaran I dan II disamping itu pola saluran pemasaran III merupakan saluran pemasaran yang paling pendek. Efektivitas pemasaran dalam Importance – Performance Analysis(IPA) menggabungkan tingkat kepentingan konsumen dan kinerja yang akan menempatkan setiap indikator pada empat area yaitu kuadran I, kuadran II, kuadran III dan kuadran IV. indikator yang berada pada kuadran I adalah kualitas produk, jenis produk,parkiran khusus. Indikator yang berada kuadran II adalah kemasan produk, harga dapat dijangkau, potongan harga, lingkungan bersih. Indikator yang berada kuadran III adalah iklan promosi, lingkungan aman.Indikator yang berada kuadran IV adalah harga ikan kering, ada kendaraan umum, lingkungan nyaman, ada kendaraan umum, iklan di sosial media. Kata Kunci: Analisis Efisiensi, Ikan Kering, Analisis IPA, Kota Bengkulu
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness |
Depositing User: | sugiarti sugiarti |
Date Deposited: | 31 Aug 2023 02:03 |
Last Modified: | 31 Aug 2023 02:03 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15199 |
Actions (login required)
View Item |