NALISIS EFISIENSI DAN EFEKTIVITAS PEMASARAN IKAN KERING DI KELURAHAN SUMBER JAYA KOTA BENGKULU

Siska, Pratama Saputri and Sriyoto, Sriyoto and Musriyadi, Nabiu (2021) NALISIS EFISIENSI DAN EFEKTIVITAS PEMASARAN IKAN KERING DI KELURAHAN SUMBER JAYA KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Text (Thesis)
skripsi pdf.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Efisiensi pemasaran merupakan salah satu aspek pemasaran dalam upaya
meningkatkan pergerakan barang dari produsen ke konsumen. Dalam efisiensi pemasaran
akan dilihat adanya perbedaan harga yang diterima produsen sampai yang dibayarkan oleh
konsumen akhir, serta kelayakan pendapatan yang diterima produsen terhadap yang
dihasilkan. Efisiensi dan tidak efisiensi pemasaran akan dilihat karena saluran pemasaran
yang terlalu panjang, lebih besar biaya pemasaran dan harga jual rendah sehingga perlu ada
strategi pemasaran.
Pada tingkat pemasaran dengan berbagai level, tenaga pemasaran dapat meningkatkan
usaha yang dijalankannya dengan membuat perubahan kecil dikeseluruhan dari 4P atau
disebut dengan marketing mix yang terdiri dari produk (product), harga (price), distribusi
(place) dan promosi (promotion), pelaksanaan pemasaran kreatif dapat meningkatkan
pertumbuhan pasar dan efektivitas pemasaran. Untuk pemasar dengan program bertingkat,
dapat meningkatkan efektivitas pemasaran dengan mengelola dan menjalankan setiap
pemasaran dengan lebih baik.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efisiensi pemasaran ikan kering di
Kelurahan Sumber Jaya Kota Bengkulu, dan menganalisis efektivitas pemasaran ikan
kering di Kelurahan Sumber Jaya.
Metode yang digunakan simple rendom sampling dan snowball sampling. Metode
Importance Performance Analysis (IPA) untuk menentukan efektivitas pemasaran ikan
kering di Kelurahan Sumber Jaya.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diketahui pada saluran pemasaran III yaitu
Pedagang pengumpul → pedagang besar → pedagang pengecer→ konsumen (Kota
Bengkulu) tergolong efisien karena margin paling kecil, farmer share paling besar serta
tingkat efisiensi pemasaran <5%. Dibandingkan dengan pola saluran pemasaran I dan II
disamping itu pola saluran pemasaran III merupakan saluran pemasaran yang paling
pendek.
Efektivitas pemasaran dalam Importance – Performance Analysis(IPA)
menggabungkan tingkat kepentingan konsumen dan kinerja yang akan menempatkan
setiap indikator pada empat area yaitu kuadran I, kuadran II, kuadran III dan kuadran IV.
indikator yang berada pada kuadran I adalah kualitas produk, jenis produk,parkiran khusus.
Indikator yang berada kuadran II adalah kemasan produk, harga dapat dijangkau, potongan
harga, lingkungan bersih. Indikator yang berada kuadran III adalah iklan promosi,
lingkungan aman.Indikator yang berada kuadran IV adalah harga ikan kering, ada
kendaraan umum, lingkungan nyaman, ada kendaraan umum, iklan di sosial media.
Kata Kunci: Analisis Efisiensi, Ikan Kering, Analisis IPA, Kota Bengkulu

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 31 Aug 2023 02:03
Last Modified: 31 Aug 2023 02:03
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15199

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200